PPKM Mikro Tahap III Berikan Relaksasi untuk Pasar Malam, Kolam Renang dan Kegiatan Masyarakat

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro tahap III mulai 28 Maret sampai 10 April 2021.

Dalam perpanjangan, Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, perpanjangan PPKM Mikro tahap III ini ada beberapa kebijakan relaksasi atau kelonggaran yang diberikan, diantaranya untuk fasilitas umum kolam renang maupun arena bermain waterbom diperkenankan untuk buka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hanya ada beberapa tambahan relaksasi, pertama terkait dengan kegiatan atau penyediaan fasilitas kolam renang umum atau waterbom, bahkan kegiatan masyarakat untuk olahraga renang mulai kita buka,” ujar Zulkifli saat pres rilis di halaman Pemkot, Kamis (25/3).

Ia menyampaikan, ini sesuai Instruksi Mendagri bahwa fasilitas umum diperkenankan buka dengan bertahap dengan kapasitas maksimal 25 persen.

“Karena mengikuti arahan PPKM mikro yang ditetapkan Instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2021 tentang kegiatan fasilitas umum itu buka bertahap baru 25 persen, jadi kami mengikuti dulu,” akunya.

Bahkan PPKM Mikro juga memberikan relaksasi untuk membuka kembali kegiatan pasar malam secara bertahap pekan ini dan terbatas, dan hanya dibuka pada hari Senin, Kamis dan Sabtu.

Selain itu kegiatan di masyarakat yang sebelumnya tidak diperbolehkan pada PPKM Mikro tahap III diperbolehkan. Hanya saja tetap dibatasi maksimal undangan 200 orang dengan durasi waktu 5 jam.

“Kegiatan masyarakat yang di koordinir RT, LPM, kelurahan yang selama ini tidak diperbolehkan, sudah kami buka. Seiring dengan kebijakan nasional bahwa kegiatan sosial sudah diperbolehkan, untuk protokol kesehatannya kami samakan dengan yang diterapkan dalam resepsi pernikahan,” paparnya.

Untuk kegiatan di RT, pihaknya membatasi peserta sebanyak 200 orang dengan durasi maksimal 5 jam, terdiri dari 2 jam untuk sesi pertama, 1 jam istirahat dan 2 jam lagi sesi kedua.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *