PTM Akan Aman Ketika Vaksinasi Sudah Dilakukan untuk Pelajar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam mencegah penyebaran covid-19 di kota Balikpapan, pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat dan pelajar.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo meminta kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi para pelajar, sehingga para pelajar bisa mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

“Saya dapat informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) akan ada vaksin khusus pelajar,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Balikpapan Muhaimin saat dikonfirmasi, Sabtu (21/8).

Dijelaskannya, vaksinasi para pelajar dilakukan dalam rangka percepatan pelaksanaan PTM, apabila situasi dan kondisi wilayah masing-masing khususnya Balikpapan sudah bisa melakukan PTM.

Muhaimin mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan para kepala sekolah dan Puskesmas untuk melakukan pendataan siswa yang akan diberikan vaksin covid-19.

“Sekolah tatap muka bisa saja dilakukan, tetapi harus melihat situasi dan kondisi di setiap wilayah yang ada di Balikpapan. Serta kita juga harus ada surat rekomendasi dari ketua Satgas covid-19,” paparnya.

Menurutnya, vaksinasi untuk pelajar dilakukan bukan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, tapi untuk percepatan herd immunity atau kekebalan kelompok. Sebab guru sudah dilakukan vaksinasi 100 persen, minimal para pelajar mendekati 80 persen, agar aman ketika PTM digelar.

Disebutkannya, jumlah murid SD di Balikpapan sebanyak 78 ribu dan siswa SMP berjumlah 36 ribu. Namun, vaksin masih diperuntukkan untuk usia 12 tahun ke atas. Itu artinya, diprioritaskan untuk SMP dan SMA sederajat.

“Kalau yang SD akan ditanyakan DKK, mungkin tahapannya beda. Tetapi sepertinya yang akan diprioritaskan vaksin untuk SMP dan SMA, SMK karena mereka lebih banyak komunikasi keluar. Kalau SD lebih banyak di rumah,” akunya.

Sementara di Balikpapan, vaksinasi bagi anak sekolah baru berjalan sekitar 2 ribu orang yang diikuti SMA, SMK dan siswa SMP yang dilaksanakan oleh BIN. Begitu pula, vaksinasi umum yang digelar Pemkot Balikpapan terdapat vaksinasi kepada anak sekolah.

“SMP diikuti empat sekolah yakni SMP Negeri 5, SMP Negeri 14, SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 18,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *