Rahmad Tinjau Pembagian BST dan Beras untuk Warga Terdampak di Balut

Balikpapan, Metrokaltim.com – Usai melaksanakan kegiatan deklarasi Kampung Tangguh Anti Narkoba, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud kembali meninjau pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dan beras untuk warga terdampak di Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara (Balut).

Rahmad Mas’ud memaparkan, alokasi pembagian berjumlah 106 Kartu Keluarga (KK) yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan 408 KK yang masuk dalam program BST dalam bentuk uang sebesar Rp 600 ribu. Pembagian dilakukan di aula Kantor Kecamatan Balikpapan Utara, Jumat (30/7).

“Tinjauan ini untuk memastikan bahwa ini ada antrian, karena warga yang diundang jam 12.00 Wita, mereka sudah datang pagi-pagi. Jadi yang diundang sesuai jadwal yang masuk ke dalam aula,” ucap Rahmad Mas’ud didampingi Kepala Kantor Pos Balikpapan Taufik Dadi Marala bersama camat Balut dan Anggota DPRD dapil Utara.

Dikatakannya, kuota yang diberikan hingga 50 ribu KK dan yang belum mendaftar bisa melakukan pendaftaran sesuai persyaratan terdampak covid-19.

“Dari kouta yang tersedia, baru sekitar 70 persen orang yang mendaftar,” ujar Rahmad.

Kepala Kantor Pos Balikpapan Taufik mengatakan, pembagian bantuan sosial tunai Kemensos ada dua alur, yakni Bantuan sosial beras 10 kg untuk pendamping PKH dan BST uang tunai sebesar Rp 600 ribu dan menerima beras 10 kg.

“Dan hari ini dua-duanya dibagikan di lokasi yang sama, dengan tujuan percepatan agar dua alur pembagian ini berjalan lancar,” jelas Taufik.

Taufik menambahkan, penyaluran ini merupakan data dari kemensos, kantor pos hanya menyalurkan. Di Balikpapan penerima bantuan Kemensos sebesar 13 ribu KK. Total penyaluran hari ini seluruhnya 4.000 KK dan untuk kelurahan Muara Rapak sebesar 514 KK.

Untuk pembagian bantuan tunai dari pemerintah kota Balikpapan, data yang telah masuk sebesar 14 ribu KK dan jumlah seluruhnya yang akan penerima bantuan 50 ribu KK.

“Saat ini kami menunggu data dari Dinsos, pembagian bantuan kantor pos yang bergerak menyerahkan bantuan ke warga,” paparnya.

Lebih jauh Camat Balut Fachrul Razji menuturkan, untuk total keseluruhan bantuan dari Kemensos data DTKS maupun PKH sebesar 2.960 KK. Pembagian difokuskan d Kecamatan Balut dan hari ini untuk Kelurahan Muara Rapak dengan penerima bantuan sekitar 514 KK.

“Pembagian untuk hari ini sampai sore jam 16.00 Wita,” tuturnya Fachrul.

Dan untuk penerima yang belum menerima undangan, maka pengaturan jadwal akan diatur oleh Tenaga Kerja Sosial Kemasyarakatan (TKSK).

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *