Refocusing Anggaran, Beasiswa dari Pemkab Paser Tak Ada Kepastian

Tana Paser, Metrokaltim.com – Refocusing anggaran terpaksa harus dilakukan, imbas pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir. Salah satu dampaknya, beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser belum ada kepastian pada APBD-Perubahan 2021 ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Alwi Tjae menuturkan, pada tahun lalu kucuran dana untuk beasiswa telah dianggarkan. Hanya saja, Covid-19 masih mewabah, alhasil anggaran yang disiapkan itu terpaksa dihapus.

“TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) memberikan anggaran lebih kecil daripada 2020 lalu,” ungkap Alwi, Rabu (24/3).

Dikatakannya, pagu awal pada 2021 untuk Kesra sebesar Rp 1,2 miliar. Namun tak diperuntukkan bagi beasiswa. Melainkan untuk kegiatan rutin, yakni memfasilitas haji serta kegiatan kantor.

“Untuk anggaran memfasilitasi haji sekira Rp 800 juta. Serta untuk pembayaran gaji DAI pembangunan dan operasional Kesra,” beber dia.

Saat disinggung mengenai anggaran beasiswa masuk APBD-P 2021, dikatakan semua tergantung memberikan anggaran. “Kami selalu telaah kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kesra. Tetapi, lagi-lagi tergantung dari kemampuan anggaran daerah,” pungkas dia.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *