Rumah Sakit Sayang Ibu dan Puskemas Lamaru Difokuskan Naik Status

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terkait penambahan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Minyak. Yang mana pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Sayang Ibu di Balikpapan Barat dan Puskemas Lamaru, Balikpapan Timur akan difokuskan naik status.

Kepala DKK Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menjelaskan, pembangunan Rumah Sakit untuk tahun depan mulai difokuskan untuk RS Sayang Ibu. Dengan pembangunan itu, diharapkan dapat memback up pelayanan kesehatan secara keseluruhan.

“Karena selama ini, masyarakat hanya tahu bahwa RS Sayang Ibu untuk perawatan ibu dan anak, sehingga kami rubah statusnya menjadi RSUD tipe C,” kata dr Andi Sri Juliarty saat ditemui di Hotel Grand Senyur usai rapat, Selasa (27/7).

Dengan begitu, rumah sakit tersebut akan dibangun sebagai gedung baru, dengan kapasitas 100 tempat tidur. Dirinya juga berharap, rumah sakit tersebut memiliki fasilitas ruang isolasi untuk penyakit menular infeksi yang khusus, seperti covid-19 atau HIV.

Sedangkan untuk Puskemas Lamaru, nantinya akan dinaikkan status menjadi RSUD Tipe D, karena kondisi fasilitas pelayanan kesehatan tersebut masuk kategori baik dan luas.

“Sehingga Puskesmas Lamaru akan dipindahkan, karena setiap wilayah harus ada puskesmas, apalagi Puskesmas bekerja di area promosi dan preventif, kekuatannya di situ,” akunya.

Untuk rancangan anggaran pembangunan baru gedung diperkirakan mencapai Rp 160 miliar. Namun tahun depan terlebih dulu dianggarkan sekitar Rp 50 miliar. Lanjutnya, hanya saja untuk pembangunan RSUD tipe C di Balikpapan Barat lebih dahulu. Untuk RSUD Tipe D menyusul di kemudianya.

“Pembangunan tidak bisa langsung duakan membangun rumah sakit itu ada tahapannya, ada studi kelayikan, DED, baru bisa membangun,” tutupnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *