Sabtu-Minggu Steril di Balbar, Dari Kunjungi Pasien Positif Hingga Penyemprotan Pelabuhan Feri Kariangau

Balikpapan, Metrokaltim.com – Satgas Covid-19 Kecamatan Balikpapan Barat (Balbar) bersama tim gabungan menggelar kegiatan Sabtu-Minggu Steril, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang saat ini tengah meningkat di Kota Balikpapan.

Terlebih lagi saat ini Kota Balikpapan tengah diberlakukan PPKM Darurat bersama dua wilayah lainnya yakni Bontang dan Berau di Kalimantan Timur. Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Dalam pelaksanaan Sabtu-Minggu Steril kali ini Satgas Covid-19 Kecamatan Balikpapan Barat menyasar wilayah Kelurahan Kariangau. Selain melakukan sosialisasi terkait pemberlakuan PPKM Darurat, satgas yang terdiri dari Kecamatan Balikpapan Barat, Koramil 0905 Balikpapan Barat, Polsek Balikpapan Barat, Satpol PP serta seluruh kelurahan se-Balikpapan Barat ini juga melakukan penyemprotan disinfektan ke wilayah RT yang masuk zona merah serta ke fasilitas umum seperti pelabuhan feri Kariangau.

Apel gabungan di lapangan RT 10 Kariangau.

Kegiatan ini dihadiri langsung Camat Balikpapan Barat M Arif Fadhilah, Danramil 0905 Balikpapan Barat Mayor Inf Masrukan, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok, Lurah Baru Tengah Eddy Mulyono, Lurah Kariangau M Iskandar, LPM Kariangau Bejo Pawiro Utomo, serta Ketua RT se-Kariangau.

Camat Balikpapan Barat, M Arif Fadhilah mengatakan pelaksanaan PPKM Darurat ini dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Aturan-aturan berkaitan PPKM darurat agar diketahui, dipahami dan dilaksanakan masyarakat, beberapa kegiatan kita laksanakan dalam rangka melaksanakan itu. Makanya kita lakukan monitoring dan lakukan penyemprotan di wilayah Kariangau dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ujar Arif saat pelaksanaan kegiatan, pada Minggu (11/7) pagi.

Forkopimcam saat mengunjungi salah satu rumah warga di Kariangau yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Dia menambahkan dalam pelaksanaannya pihaknya bekerja sama dengan TNI, Polri, LPM, kelurahan, kecamatan, puskesmas dan semua pihak yang dukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sejauh ini belum ada kendala yang berarti semua permasalahan kita bersama-sama forkopimcam bisa dilaksanakan semua,” jelasnya.

Sebelum kegiatan apel gabungan dilakukan di lapangan RT 10 Kariangau. Dalam apel tersebut Danramil 0905 Balikpapan Barat Mayor Inf Masrukan meminta kepada seluruh Satgas baik kelurahan maupun RT untuk terus menekankan ke masyarakat agar penerapan protokol kesehatan (prokes) ditingkatkan.

Danramil 0905 Balikpapan Barat Mayor Inf Masrukan saat melakukan penyemprotan di dalam kapal feri di pelabuhan Kariangau.

“Kegiatan ini salah satu ikhtiar kita agar bisa terbebas dari virus ini. Untuk warga yang positif jangan kita jauhi, kita suport dia agar cepat sembuh,” kata Masrukan saat memberikan sambutan.

Selain pelaksaan penyemprotan di sejumlah area publik, kunjungan terhadap pasien positif covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah dilakukan oleh forkopimcam Balikpapan Barat. Hal ini dilakukan untuk memberikan dukungan ke mereka agar bisa menjalani isolasi mandiri dengan baik dan dapat segera sembuh.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *