Balikpapan Masuk Dalam 3 Kota di Kaltim yang Masuk PPKM Darurat

Balikpapan, Metrokaltim.com – Terkait dengan pemberlakuan PPKM Darurat, yang mana beberapa hari lalu keluarnya surat edaran kondisi Balikpapan masih PPKM level 4 dan intruksi terbaru sekarang Balikpapan sudah masuk dalam 3 kota di Kalimantan Timur (Kaltim) yakni Balikpapan, Bontang dan Berau yang masuk PPKM Darurat.

“Sesuai instruksi Mendagri kami akan melakukan pembatasan yang ketat, niat dan tujuannya semata-mata untuk melindungi masyarakat Balikpapan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ucap Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di aula Pemkot, Minggu (11/7) pagi.

Rahmad melanjutkan, apalagi diketahui bersama bahwa penyebaran covid-19 di Balikpapan sangat signifikan dalam hari-hari terakhir ini, bahkan penyumbang tingkat kematian juga cukup tinggi dibandingkan beberapa Minggu sebelumnya.

Sementara ditanya perihal perbedaannya, untuk PPKM sebelumnya masih ada toleransi untuk masyarakat khususnya masalah perdagangan dan masalah tempat ibadah. Bahkan instruksi dari Mendagri, semua tempat ibadah meniadakan untuk shalat berjamaah untuk umum di masjid.

“Jadi beribadah boleh, tetapi bagi muazim dan pengurus masjidnya saja,” imbuh Rahmad.

Lebih jauh, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Dr Andi Sri Juliarty menyampaikan untuk perkembangan kasus covid-19 di Balikpapan hari ini (11/7) ada 291 kasus, yang sembuh 111. Selain itu, DKK juga menerima bantuan dari Gubernur provinsi Kaltim yang tiba di gedung farmasi dinas kesehatan sebanyak dua truk.

“Bantuan itu berupa Alat pelindung diri (APD) sebanyak 4.000 lembar, masker, sepatu boot dan berbagai alat lainnya,” akunya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *