Metro Kaltim

Sambut HUT Kutim Ke 20 Tahun Disdukcapil Hadiahi Banyak Program Layanan

Sangatta, Metrokaltim.com – Rencananya pada pameran expo dalam menyambut perayaan HUT Kutai Timur ke – 20 tahun, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) turut berpartisipasi dalam mengisi stan pameran layanan kependudukan, yang rencananya akan digelar pada Selasa (8/10) sampai dengan Sabtu (12/10).

Momen HUT Kutim melalui Kepala Disdukcapil Kabupaten Kutim Januar HLPA akan memberikan banyak program, dalam memudahkan roda pelayanan kepada masyarakat baik dalam proses pengurusan administrasi.

“Saya juga barusan menandatangani bentuk kerja sama, yang tertuang pada nota kesepahaman bersama MoU (Memorandum of Understanding, Red) dengan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perpadu Satu Pintu, Red) yang mana kerja sama itu baik meliputi Nomor Induk Kependudukan, indetitas kependudukan seperti e-KTP, pemutakhiran data khususnya guna mengetahui domisili pemohon sementara sistem layanan NIK sendiri dalam menghindari NIK ganda,” urai Januar .

Dia menegaskan, pada momen hari jadi kabupten pihak turut mengusung program bertemakan Sebulan Bersama Disdukcapil. Warga bisa melakukan beragam pencetakan administrasi kependudukan di stan expo Disdukcapil.

Pencetakan Dokumen Administrasi Meliputi :

  1. Kartu Identitas Anak (KIA)
  2. Akta kelahiran
  3. Akta perkawinan
  4. Akta kematian
  5. Akta perceraian
  6. Akta pengesahan anak

“Layanan ini kami berikan dalam membantu masyarakat dalam kepengurusan proses administrasinya, siapa tahu saja nantinya ada satu keluarga jalan-jalan berkunjungan ke stan Disdukcapil Kutim dan ingin membuat berbagai layanan administrasinya pasti kita bantu,” tegas.

Januar menambahkan, begitu juga apabila ada anak-anak yang belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) dan orang tuanya berkeinginan melakukan proses pembuatannya dapat segera mengunjungi stan di expo. Apalagi, ajang Expo Kutim juga akan diikuti perwakilan dari 18 kecamatan. Seluruh warga bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melengkapi berkas kependudukannya.

“Khusus domisili kecamatannya yang jaraknya jauh bisa menitipkan kepada petugas kecamatan yang ikut dalam Expo,” ujarnya.

Kemudahan lainnya lanjut Januar, sebulan penuh perayaan HUT Kutim masyarakat yang hendak mengajukan permohonan pembuatan e-KTP dibebaskan melakukan perekaman selama sebulan penuh. “Namun proses perekaman data e- KTP tersebut hanya berlaku di kantor Disdukcapil Kutim,” ulasnya.

Tidak seperti tahun kemarin yang juga bisa dilakukan di arena expo. Sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan momen tersebut untuk melengkapi administrasi kependudukan yang harus dimiliki.

“Tahun ini, arena expo kami fokuskan untuk pencetakan KIA dan surat-surat kependudukan, seperti akta. Untuk perekaman e KTP, dilakukan di Kantor Disdukcapil Kutim.Bahkan kalau blanko e KTP tersedia, bisa langsung dilakukan pencetakan,” kata Januar.

Pihaknya juga membuka kesempatan bagi warga yang ingin mengurus surat pindah atau domisili.

“Warga yang ingin mengurus domisili, bisa langsung ke Disdukcapil, tanpa harus meminta surat pengantar ke RT setempat dimana ia tinggal.
Jadi, akan ada banyak kemudahan yang diberikan dalam rangka menyambut HUT Kutai Timur nanti,” tandasnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *