Sampel Arang dan Kabel Diambil Tim Labfor Mabes Polri dari TKP Kebakaran di Baru Ilir

Balikpapan, Metrokaltim.com – Petugas kepolisian terus mendalami penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah di Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, pasa Rabu (15/12/2021) siang.

Untuk mencari dan memastikan penyebab kebakaran itu pihak kepolisian Polresta Balikpapan mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran pada Jumat (17/12/2021) siang.

Petugas memeriksa puing-puing bekas kebakaran di salah satu lokasi rumah yang diduga kali pertama api muncul. Rumah tersebut di kawasan RT 47 Kelurahan Baru Ilir Balikpapan Barat milik warga bernama La Baha.

Sejumlah benda seperti kabel serta abu dimasukan ke dalam plastik bening bertuliskan Labfor Mabes Polri. Olah TKP sendiri dimulai pukul 10.45 wita. Di mana Tim Labfor Mabes Polri di pimpin oleh Kompol Agus dan satu personil Aipda Fikri.

Dalam olah TKP juga diikuti oleh personil Ditreskrimum Polda Kaltim, Tim Inafis Polresta Balikpapan serta unit Jatanras Polsek Balikpapan Barat.

Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto mengungkapkan bahwa usai dilakukan olah TKP oleh Tim Labfor Mabes Polri cabang Surabaya kemudian diteliti di laboratorium.

“Ya tadi yang dibawa itu ada kabel sama arang. Untuk hasil belum diketahui, hasilnya nanti dari kami sampaikan,” terang Totok disela lokasi kejadian.

Dia menyebut bahwa api kali pertama berasal dari rumah La Baha, di mana rumah tersebut sudah dua tahun tidak dihuni.

“Asal api dari rumah la baha rumah kosong yang sudah dua tahun tidak ditempati. Kemudian saksi yang melihat langsung mendobrak. Dirumah itu tidak ada prabot apapun yang ada hanya listrik 450 wat yang dinyalakan hanya yang di depan rumah saja, ” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *