Memperingati RGE Founder’s Day 2021, Apical Group Gelar Bakti Sosial Seperti Khitanan Massal

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka memperingati RGE Founder’s Day 2021, PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) menggelar Khitanan Massal untuk anak-anak sekitar operasional perusahaan hingga Jenebora, Penajam. Yang dilaksanakan di Gedung SMPN 21 Salok Baru Kariangau, Balikpapan Barat (Balbar), Sabtu (18/12).Tak hanya itu, melalui PT Sari Dumai Sejati (SDS) dan PT Sari Dumai Oleo (SDO), serta PT Asianagro Agung Jaya dan PT Kutai Refinery Nusantara menggalang dana dan menyalurkan berbagai bantuan sosial seperti pembagian paket sembako, pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Director Social, Security, and License Apical Group Gunawan Sumargo menjelaskan, bahwa Apical Group ingin memperkuat kontribusi positif komunitasnya kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di tengah pandemi covid-19. Bahkan Apical akan melakukan penggalangan dana dari setiap karyawan dengan basis tiga banding satu, atau donasi yang telah terkumpul dilipatgandakan sebanyak tiga kali lipat oleh perusahaan untuk selanjutnya disalurkan pada yang membutuhkan.

“Paket sembako itu terdiri dari 2 liter minyak goreng, 5 kg beras, mie instan, 1 kg gula pasir, serta 1 dus teh yang dibagikan di 3 lokasi di kawasan Marunda. Adapun 184 paket sembako dan 120 paket kesehatan untuk puskesmas juga dibagikan di Dumai,” ucap Gunawan Sumargo.

Sedangkan di Balikpapan, melalui PT KRN Apical Group menyelenggarakan kegiatan khitanan massal bagi warga Balikpapan dan sekitarnya. Terpantau ada 68 anak yang ikut khitanan massal, dan tidak sedikit dari mereka berasal dari Kabuaten PPU dan Kabupaten Paser.Di tahun ini, Apical juga memberikan bantuan pendidikan untuk siswa berprestasi dan kurang mampu dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Apical juga memberikan bantuan gerobak usaha kepada tiga pedagang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai bentuk dukungan terhadap usaha lokal yang terdampak pandemi covid-19,” jelas Gunawan.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, Apical juga mendistribusikan bantuan makanan bergizi untuk ibu hamil dan anak, serta bantuan kebutuhan pokok bagi warga kurang mampu di sekitar perusahaan yang disalurkan melalui Puskesmas setempat di wilayah unit bisnis Apical.

“Perayaan setiap tahun ini merupakan bentuk komitmen terhadap prinsip perusahaan, baik untuk masyarakat, negara, iklim, pelanggan, dan perusahaan. Kegiatan ini kami ingin memberikan kesempatan kepada karyawan kami untuk dapat membantu masyarakat, dengan turut serta meringankan beban ekonomi terutama pada masa pemulihan pandemi covid-19 seperti saat ini,” timpal Gunawan.

Head of Social, Security and License PT KRN M Jaya Budiarsa menambahkan, rangkaian kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan wujud cinta perusahaan bagi masyarakat sekitar. Semoga kegiatan yang bermanfaat ini dapat diagendakan setiap tahunnya. Pada kegiatan ini, seluruh peserta yang hadir serta karyawan Apical Group yang terlibat dalam acara tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

“Kegiatan sosial dalam rangka memperingati Founder’s Day 2021 ini akan dilaksanakan secara bertahap hingga akhir Desember 2021 di seluruh wilayah operasional Apical Group, mulai dari Tanjung Balai, Marunda, Padang, Dumai dan Balikpapan,” akunya Budiarsa.

Tempat terpisah Camat Balbar Muhammad Arif Fadhilah menuturkan, bantuan yang diberikan oleh karyawan Apical Group di daerahnya sangat bermanfaat terutama di masa pemulihan pandemi covid-19.

“Kami berterima kasih kepada Apical Group atas perhatian mereka yang berkelanjutan terhadap warga kami. Semoga bantuan ini dapat memberikan kebahagiaan kepada warga yang anaknya dikhitan pada hari ini,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.