Satlantas Polresta Balikpapan Donor Darah Warnai OPS Zebra Mahakam 2020

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aksi sosial memanfaatkan momentum Operasi Zebra Mahakam 2020 tak ada habis-habisnya dilakukan Satuan Lalu Lintas Polresta Balikpapan. Selain membedah rumah warga dan memberikan gerobak jualan kepada warga kurang mampu secara cuma-cuma, kali ini petugas pegaman jalanan itu menggelar aksi donor darah.

Berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan, aksi donor darah tersebut digelar di Ruang Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Mapolresta Balikpapan pada Sabtu (7/11) pagi. Bukan cuma petugas Satlantas, hampir seluruh personel Polresta ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan tersebut.

Bahkan, prajurit TNI dan pemohon SIM di Satpas turut ambil bagian dalam aksi tersebut. Mereka secara sukarela ikut mendonorkan darahnya. “Total ada 60 peserta yang mengikuti kegiatan donor darah ini,” kata Kepala Satlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, Senin (9/11).

Dijelaskan Irawan, saat ini pandemi Covid-19 tengah mewabah di Balikpapan. Akibat adanya bencana non alam ini membuat ketersediaan stok darah di PMI Balikpapan menipis. Oleh karena itulah Satlantas menggagas aksi donor darah ini, dengan harapan bisa menambah stok darah di PMI.

Irawan pun berharap, agar sumbangan stok darah ini bisa didistribusikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan. “Semoga dengan kegiatan donor darah bisa membantu petugas medis dalam memberikan perawatan kepada masyarakat, khususnya yang terpapar Covid-19,” ucap bekas Kasatlantas Polres Bontang itu.

Lebih lanjut, Irawan menerangkan, aksi sosial donor darah ini merupakan bagian dari program Operasi Zebra Mahakam. Dia pun mengakui ada yang berbeda dengan Operasi Zebra tahun ini. Jika biasanya Operasi Zebra mengedapankan tindakan tilang untuk menindak para pelanggar lalu lintas, namun tidak dengan sekarang.

Saat ini, aparat kepolisian lebih mengedapankan upaya preventif dan preemtif dalam menindak para pelanggar. Hal tersebut sesuai dengan intruksi Kepala Kepolisian RI. Oleh karena itulah Satlantas Polresta kerap menggelar berbagai macam kegiatan sosial dalam Operasi Zebra Mahakam.

“Kami lebih mengedepankan kegiatan-kegiatan sosial kepada masyarakat, seperti bakti sosial donor dan kegiatan sosial lainnya,” pungkas Irawan.

(sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *