Selain Kegiatan Fisik, Muara Rapak juga Usulkan Pemanfaatan Lahan untuk SMP

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk menampung aspirasi masyarakat dalam proses pembangunan di lingkungan masyarakat, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara (Balut) melaksanakan Rapat koordinasi perencanaan pembangunan (Rakorenbang) di Aula Kelurahan, Jum’at (14/1/2022) pagi.

Usai kegiatan, Lurah Muara Rapak Bima Wibisono mengatakan, bahwa hari ini (14/1) semua unsur masyarakat (ketua RT) hingga organisasi kelurahan menyepakati 10 usulan prioritas. Yang mana usulan tersebut sebagai upaya penanggulangan banjir.

“Jadi memang mayoritasnya itu memang perbaikan drainase-drainase primer dan jembatan, karena di Muara Rapak ini kondisi kontur wilayahnya berbukit,” ucap Bima Wibisono didepan awak media.

Lanjutnya, untuk itu pihaknya sepakat bersama lembaga dan ketua RT untuk melakukan permohonan perbaikan drainase dan gorong-gorong jembatan. Dan yang utama yakni perbaikan jembatan di lampu merah Rapak menuju arah klamono. Apalagi lokasi tersebut sudah di sidak Komisi III DPRD Balikpapan

“Mudah-mudahan ini bisa dimasukkan di APBD perubahan 2022. Kami ingin sekali jembatan itu dibangun ulang dengan gorong-gorong lebih besar, mengingat itu muara dari wilayah Borobudur, inpres yang debit airnya sangat besar sekali,” jelas Bima sapaan akrabnya.

Selain pembangunan fisik, pihaknya juga mengajukan usulan permohonan pemanfaatan lahan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kelurahan Muara Rapak. Sementara Muara Rapak sendiri memiliki 7 SDN dan setiap tahunnya menjadi masalah terkait penerimaan dengan sistem zonasi.

“Kan kasihan jika lokasinya jauh dari rumah warga,” paparnya.

Melalui video call, Anggota DPRD Balikpapan Syarifuddin Oddang menambahkan, untuk pemanfaatan peralihan lahan Pertamina untuk sekolah menengah pertama agar disegerakan bersama-sama untuk diselesaikan.

“Ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk peningkatan  kualitas mutu pendidikan dengan disertai sarana dan prasarana,” tambahnya.

Oddang berharap agar semua usulan RT untuk di masukkan dalam SIPD sehingga usulan itu bisa diakomodir.

(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *