Metro Kaltim

Semarak Jelang HUT ke-62, Pertamina Gelar Turnamen Sepak Bola Tingkat SD

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ulang tahun ke-62 PT Pertamina (Persero) memang masih beberapa bulan lagi. Namun semarak peringatan hari jadi perusahaan plat merah itu sudah dirasakan masyarakat Balikpapan sejak saat ini.

Menyambut peringat hari jadi yang jatuh pada 10 Desember 2019, Pertamina menggelar berbagai macam kegiatan di Kota Minyak. Seperi perlombaan, charity dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya.

Kegiatan ini bukan hanya untuk karyawan Pertamina saja. Namun juga terbuka untuk masyarakat umum, khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar Kantor RU V Balikpapan.

Salah satu kegiatan peringatan HUT Pertamina adalah lomba sepak bola mini untuk tingkat sekolah dasar se-Balikpapan. Sabtu (19/10) kemarin, peluit kick off pertama lomba sepak bola ini dibunyikan di Lapangan Merdeka.

Para peserta dalam lomba ini akan memperebutkan piala bergilir dan uang tunai. Juara I akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 3 juta, dan juara IV Rp 2 juta. Selain itu pemain yang berhasil mencetak goal terbanyak, best player, dan best yel-yel juga akan mendapatkan hadiah dana pembinaan.

General Manager (GM) RU V Balikpapan, Wali Kota Balikpapan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Ketua Askot Balikpapan, Lurah, dan guru-guru pendamping, hadir dalam dalam seremoni pembukaan lomba sepak bola ini.

GM Pertamina RU V, Mulyono mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung dari hingga 7 Desember 2019 ini merupakan tahun ke-15 diselenggarakan kegiatan serupa.

“Tidak hanya sepak bola mini saja yang partisipasinya kami buka untuk pihak eksternal, nanti akan ada kegiatan-kegiatan lainnya seperti lomba cerdas cermat, jalan sehat, sunatan masal dan sebagainya,” katanya.

Kegiatan-kegiatan ini, Mulyono menuturkan, sebagai bentuk kepedulian Pertamina dalam bidang olahraga yang harus ditanamkan sejak usia dini. Selain itu untuk memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan bakat di bidang sepak bola.

“Tidak hanya produksi kilang saja yang menjadi kunci keberhasilan kami, tetapi kesehatan menjadi poin yang tidak kalah pentingnya. Kami memiliki Badan Pembina Olahraga (BAPOR) untuk menjadikan wadah bagi para pekerja untuk tetap sehat dan bugar,” tuturnya.

Dijelaskannya, pada 2019 ini partisipasi dalam kegiatan-kegaiatan penyambutan HUT Pertamina lebih banyak dibanding pada 2018. Seperti lomba sepak bola. Tahun ini ada 80 tim dari 75 sekolah dasar. Jumlah tersebut lebih banyak 26 tim jika dibandingkan pada tahu lalu.

“Kegiatan ini diharapkan akan terus berlangsung dan menjadi ajang yang memang ditunggu-tunggu adik-adik SD dan tiap tahun terus bertambah partisipasinya. Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang sangat suportif terhadap kegiatan ini,” tandas Mulyono.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Pertamina ini. Menurutnya kegiatan seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi warga Balikpapan.

“Saya sangat mengapresiasi Pertamina, karena hal ini sejalan dengan kegiatan pemerintah yang juga mendukung talenta generasi kita untuk masa depan, sejak usia dini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menemukan bibit-bibit unggul calon atlet sepak bola untuk kota Balikpapan,” ujar wali kota dua periode itu.

(sur/ idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *