Semarakkan Bulan K3, Pertamina Bagikan Pelampung Untuk Nelayan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Menyemarakkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan melakukan pembagian pelampung dan kit P3K kepada nelayan yang berada di Kelurahan Margasari, Kelurahan Baru Tengah dan Kelurahan Baru Ilir. Kegiatan kali ini dilakukan bersama dengan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) serta para Wartawan Kota Balikpapan di Kelurahan Margasari. (Kamis, 03/03).

“Salah satu kegiatan dalam bulan K3 tahun ini, kami mengadakan kegiatan CSR membagikan pelampung kepada masyarakat sekitar kilang RU V Balikpapan khususnya para nelayan,” kata Ketua Panitia Bulan K3 KPI RU Balikpapan Achmad Dwi Nugroho

Dia mengharapkan agar bantuan yang diberikan ini dapat digunakan para nelayan pada kondisi-kondisi yang mungkin diperlukan. “Semoga para nelayan ini mencari rezeki dan melaut di lindungi dengan mengutamakan keselamatan. Sehingga jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan bisa digunakan,” harapnya.

Perwakilan nelayan Kelurahan Baru Tengah Faris Majedi, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan pelampung yang diberikan Pertamina kepada para nelayan terutama karena bantuan yang diberikan merupakan alat keselamatan bagi nelayan ketika melaut.

“Sangat terbantu sekali dengan pemberian pelampung oleh Pertamina ini karena dapat digunakan sebagai alat keselamatan bagi para nelayan ketika melaut,” kata Faris.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Nelayan Margasari Junaidi. “Terima kasih kepada Pertamina atas bantuan yang diberikan” katanya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menjelaskan bahwa dalam rangka bulan K3 ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pertamina.

“Setelah beberapa waktu yang lalu dilakukan edukasi berlalu lintas yang baik dan pembagian helm, kali ini Pertamina menyalurkan bantuan pelampung dan kit P3K kepada para nelayan,” kata Chandra.

Chandra menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut juga menjadi salah satu kegiatan sharing value yang dimiliki Pertamina. “Dalam menjalankan operasional Kilang, aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Tidak ada hal yang lebih penting sehingga kita abai terhadap aspek keselamatan tersebut. Nilai-nilai inilah yang ingin kami bagi kepada para pemangku kepentingan kami,” kata Chandra.

Melalui pembagian pelampung ini menurut Chandra, Pertamina ingin mengajak semua pihak agar memperhatikan aspek keselamatan dalam beraktivitas. Kadang karena merasa biasa dan aman, orang sering abai terhadap aspek keselamatan ini

“Keselamatan itu harus dimulai dari kepatuhan kita sendiri. Selanjutnya kita harus peduli pada orang disekitar kita karena bahaya yang ditimbulkan seseorang kadang tidak hanya membahayakan dirinya, namun justru membahayakan orang banyak. Dan tak kalah penting kita harus berani melakukan intervensi bila melihat dan menemukan kondisi atau keadaan tidak aman,” tutupnya.

(*/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *