Si Jago Merah “Mengamuk” di Gunung Malang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Warga yang bermukim di kawasan Gunung Malang, tepatnya di Jalan Mayjend Sutoyo RT 44, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota mendadak panik pada Kamis (15/7) sore. Lantaran tiba-tiba kobaran api besar timbul di tengah pemukiman tersebut.

Daei informasi yang dihimpun, api mulai berkobar sekira pukul 15.00 Wita, dari salah satu rumah bernomor 55, yang diketahui milik seorang warga bernama Sunarni.

Diketahui, pertama kali kobaran api dilihat oleh seorang warga bernama Halimah. Saat kejadian Halimah baru saja menunaikan ibadah salat Ashar.

“Awalnya saya dengar kayak suara kucing. Tapi nggak lama, ada asap masuk rumah. Baru anak saya masuk, kasihtau ada api di rumah tetangga,” ungkap Halimah.

Petugas gabungan saat melakukan pemadaman api yang berkobar di kawasan Gunung Malang.

Saat kejadian pemilik rumah, Sunarni berada di lantai atas. Mengetahui rumahnya dilalap api, ia bersama keluarga lantas berusaha menyelamatkan diri.

Informasi adanya kebakaran langsung tersebar. Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri yang mendapat informasi beserta relawan lainnya langsung menuju lokasi untuk berupaya memadamkan api.

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno mengungkapkan pihaknya menerjunkan sekitar 10 unit pemadam yang dibantu oleh instansi lain, seperti Brimob Polda Kaltim, PDAM dan TNI. Api pun akhirnya bisa dikuasi petugas pemadam kebakaran sekitar pukul 16.30 Wita.

Dari pantauan sementara BPBD Balikpapan, akibat kebakaran ini melahap sedikitnya 4 rumah. Baik itu yang ludes habis maupun semata terdampak.

“Yang terbakar habis 1 bangunan, yang terdampak kanan-kiri-belakang sekitar 3. Ini baru data sementara ya,” ujar Suseno.

Akses yang sempit dan kerumunan warga yang sedang menyaksikan kebakaran lagi-lagi menjadi kendala petugas untuk bergerak cepat melakukan pemadaman api.

Bahkan kali ini, ada seorang petugas yang sampai harus tersangkut di pagar rumah warga lantaran akses yang minim.

Sementara itu, ia sendiri tak banyak mengetahui perihal penyebab kebakaran. Demikian ia katakan belum menerima laporan sumber api.

“Tapi apinya langsung besar di rumah yang terbakar habis. Saya belum tau dari lantai atas atau bawah, yang jelas api sudah besar saat pemadam datang,” tandasnya.

(ries/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *