Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, KPU Kukar Penerapan Prokes Diutamakan

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Dalam rangka mematangkan persiapan pemungutan suara dalam Pilkada serentak 2020, terlebih di situasi pandemi seperti ini pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Salah satunya yang dilakukan oleh KPU Kutai Kartanegara (Kukar) pada Sabtu (21/11) lalu.

Dalam simulasi ini juga para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diajarkan cara penggunaan aplikasi e-rekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Kegiatan simulasi di Kukar ini sendiri berlangsung di parkiran Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kukar.

Selain melihat persiapan para petugas KPPS, simulasi ini juga melihatkan penerapan protokol covid-19 selama pemungutan suara berlangsung pada 9 Desember mendatang.

“Kegiatan ini dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana proses mekanisme dan rekapitulasi KPPS. Selain itu kamu juga menyimulasikan kemungkinan-kemungkinan adanya kendala atau hal-hal yang menjadi masalah di TPS pada saat proses Pilkada mendatang. Kira-kira seperti ini modelnya, termasuk juga pemilihnya real, KPPS-nya juga real,” terang Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra.

Nantinya, pihak KPPS harus menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) yang lebih besar dari TPS sebelumnya. Itu dilakukan agar para pemilih dengan petugas KPPS bisa menjaga jarak, demi mengurangi risiko penularan covid-19. Tak hanya itu, KPPS juga wajib menyediakan bilik khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 drajat.

“Ya, TPS harus lebih besar agar penerapan protokol kesehatan ini dapat berjalan dengan semestinya,” tandas Nando sapaan akrabnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *