SMPN 20 Balut Masih Butuh Perhatian, Mulai Dari Sarana dan Prasarananya

Balikpapan, Metrokaltim.coma – Fasilitas pendidikan sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga perlu dukungan sarana dan prasarana yang baik, namun berbeda dengan SMPN 20 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara (Balut) yang masih membutuhkan perhatian.

Ditambah lokasi sekolah tersebut berada di perbatasan Ibu Kota Nusantara (IKN), tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Kilometer 20, Balut.

Dari pantauan dilapangan, awak media melihat bahwa SMPN 20 masih butuh beberapa perbaikan di lingkungan sekolahnya, seperti akses jalan dari kelas ke kelas lain yang masih berupa tanah dan menanjak, hal ini sangat membahayakan anak-anak.

Wakil Kepala SMPN 20 Triyono menyampaikan, perhatian pihak Dinas Pendidikan Kota Balikpapan dalam sarana dan prasarana memang ada tetapi belum memadai sesuai kebutuhan sekolah.

“Masih ada beberapa yang butuh perbaikan seperti perbaikan pagar, akses jalan menuju kelas 7, perbaikan drainase,” ucap Wakil Kepala SMPN 20 Triyono saat menunjukkan lokasi jalan yang masih tanah, Rabu (26/1/2022).

Ditambah pagar sekolah yang masih kurang beberapa meter untuk bisa tersambung ke pagar lain. Tentu hal itu membuat pihak sekolah selalu waspada dengan kondisi ini, mengingat lokasi masih banyak hutan.

“Karena belum tertutup, kadang ada 1-2
anak yang lewat hutan itu untuk bolos sekolah, hal ini sangat disayangkan,” ujarnya.

Sementara untuk akses jalan menuju kelas 7, jika hujan akses jalan menuju ke kelas tersebut agak repot karena jalan masih tanah liat, curam, licin dan mungkin membutuhkan canopy.

“Jadi perlu perbaikan jalan, jalan nya masih tanah, licin dan juga butuh canopy untuk menghubungkan ke kelas lain,” jelasnya.

Ditambah lagi dengan kondisi drainasenya yang tidak layak, sehingga saat hujan air selalu tergenang. Begitu juga dengan kondisi rumah dinas guru yang sangat memprihatinkan sekali.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.