Soroti Kasus Kekerasan Seksual, Damayanti Sebut Edukasi Sangat Penting

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Kasus kekerasan seksual yang masih cukup tinggi di Samarinda kembali mendapat sorotan dari para anggota dewan.

Selain program unggulan dari pemerintah, penanggulan angka kekerasan seksual ini juga memerlukan peran penting seluruh lapisan masyarakat.

“Kekerasan seksual bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tapi harus ada keterlibatan warga. Ini harus menjadi perhatian semua pihak untuk menanggulanginya,” ungkap Damayanti anggota Komisi IV DPRD Samarinda.

Oleh sebab itu, Damayanti pun berharap agar seluruh lapisan masyarakat bisa memberikan perhatiannya untuk menekan angka kekerasan seksual di Kota Tepian.

Salah satu cara jitu menurut Damayanti, yakni dengan melakukan edukasi usia dini kepada anak-anak di Kota Tepian.

Dengan harapan, agar seks tidak lagi menjadi sesuatu yang tabu untuk diperbincangkan, karena sejatinya edukasi dilakukan untuk mencegah kejahatan yang lebih buruk kedepannya.

“Edukasi bisa dilakukan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan seterusnya. Berikan pemahaman kepada anak-anak kita tentang akibat dan dampak seks yang negatif,” ucapnya. 

Lebih lanjut, kata Damayanti, generasi muda adalah generasi penerus bangsa, jika sesuatu hal yang terjadi di usia mudanya maka akan berdampak kepada masa depan.

“Nasib bangsa ada pada anak didik, kualitas anak didik saat ini akan menghasilkan suatu konsep baik bagi negara kedepannya,” tutupnya. (Adv)

115

Leave a Reply

Your email address will not be published.