Subuh-Subuh, Ruko Pesantren di Balikpapan Terbakar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kebakaran terjadi di Jalan ZA Maulani, Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan. Sebuah ruko pondok pesantren (ponpes) dikawasan tersebut dilalap si jago merah, pada Kamis (18/6) subuh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Suseno melaporkan, bangunan dua lantai itu terbakar pada sekira pukul 05.15 Wita. “Api berasal dari salah satu kamar di ruko,” katanya.

Api sempat berkobar besar. Hal ini membuat beberapa barang-barang di dalam ruko hangus terbakar. Namun petugas pemadam kebakaran dari BPBD cepat tiba di lokasi tersebut. Sehingga api tidak membakar seisi bangunan.

“Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalan insiden ini,” sebut Suseno.

Dijelaskannya, ruko yang terbakar itu adalah Ponpes Nurul Khair. Pemimpinnya bernama Habaib Novel Balgheis. Sedangka pendamping para santri adalah Ustaz Abdul Azis “Total ada 37 orang santri di ruko tersebut,” beber pria berkacamata ini.

Belum diketahui secara persis apa yang menyebakan kebakaran ini terjadi. Sebab, pihak kepolisian masih menyelidiki kasus tersebut. Hanya saja, berdasarkan informasi yang dihimpun BPBD, kebakaran ini diduga akibat arus pendek listrik.

“Ya, dugaan sementara akibat korsleting listrik dari instalasi AC (air conditisioner) di salah satu ruang tidur santri,” ucap Suseno.

Adapun tim yang terlibat dalam upaya penanggulangan kebakaran ini, dia membeberkan, yaitu petugas piket TRC and Rescue Pusdal Ops, Posko PB BPBD, petugas piket penindak operasional UPT PBD Wilayah Selatan. “Kami menerjunkan dua unit mobil pemadam untuk memadamkan api,” pungkasnya.

(tya/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *