Sabtu ini, Pemkot Balikpapan Gelar Rapid Test Massal di Seluruh Puskesmas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 Balikpapan terus menggencarkan rapid test massal bagi warga Kota Minyak.

Rencananya, pada Sabtu (20/6) ini rapid test massal akan kembali digelar di seluruh se-Balikpapan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Gugus Tugas Balikpapan Rizal Effendi, dalam jumpa persnya Rabu (17/6) sore.

Dengan didampingi Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Kabagren Polresta Balikpapan Kompol Kipli. S, Kepala Dinas kesehatan kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty dan Ketua PMI Balikpapan Dyah Muryani, Rizal mengatakan, skrining awal penularan pencegahan Covid-19 ini kembali dibuka kepada masyarakat umum secara gratis.

Konfrensi pers di balai kota.

“Rapid test massal gratis akan digelar pada hari Sabtu (20/6) pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 12.00 Wita di 27 Puskesmas yang ada di Balikpapan,” bebernya.

Wali Kota Balikpapan ini juga menyebut tidak ada batasan bagi kelompok masyarakat untuk rapid test massal kali ini. “Bagi masyarakat yang berminat diharapkan segera mendaftar melalui nomor hotline di puskesmas masing-masing,” ungkapnya.

Selain mengumumkan rapid test massal, tim gugus tugas juga menjelaskan bahwa ada penambahan empat pasien positif covid-19 di Balikpapan.

“BPN107 perempuan 30 tahun, KTP Balikpapan, mahasiswa program S-2, datang ke Balikpapan untuk membesuk orang tua dan ketika akan lembali kuliah memerlukan pemeriksaan PCR hasilnya positif,” bebernya.

Yang kedua berkode BPN108 laki-laki 47 tahun, merupakan kontak erat dengan BPN101 terkonfirmasi positif hasil Lab TCM RSKD. Pasien ke tiga dengan kode BPN109 berjenis kelamin laki-laki 35 tahun, KTP Balikpapan, dengan riwayat bekerja di Uni Emirat Arab.

“Pasien BPN109 ini pernah dirawat karena positif Covid-19 di Abu Dhabi hingga sembuh, karena pekerjaan berkurang maka yang bersangkutan kembali ke Indonesia. Ketika pemeriksaan PCR penerbangan ke Indonesia hasil negatif, dan tiba di Balikpapan pada tanggal 13 Juni 2020 bermaksud kontrol PCR di RSPB dan ditemukan hasil positif kembali,” ungkapnya.

Pasien keempat berkode BPN110 berjenis kelamin laki-laki berusia 37 tahun warga ber-KTP Balikpapan, karyawan suplier alat tambang, yang akan bertugas mengantar alat ke lokasi dan dipersyaratkan PCR dan mendapatkan hasil positif.

“Kemudian terkonfirmasi dua pasien sembuh setelah mendapatkan hasil swab negatif dua kali berturut-turut. Yakni BPN61 yang dirawat sejak 31 Mei 2020 dan BPN78 yang dirawat sejak tanggal 06 Juni 2020,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *