Sudah Tidak Darurat, Balikpapan Kini Masuk PPKM Level 4

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan bersama Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Balikpapan melaksanakan video conference terkait dengan penanganan pandemi covid-19 oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin (19/7) siang.

Usai video conference, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, sesuai dengan arahan dari instruksi Presiden bahwa level Darurat sudah tidak ada dan yang ada hanya level 4, 3, 2 dan 1. Untuk Balikpapan masih masuk level 4, artinya ini akan dikaji seperti awal sebelumnya bahwa level 4 itu kriterianya sudah ada.

“Dan ini masih dibahas bersama Forkopimda dan besok malam kita akan keluar edaran baru. Mudah-mudahan ini meringankan saudara kita,” kata Rahmad Mas’ud di depan awak media usai pertemuan.

Sementara terkait dengan penutupan jalan kemungkinan masih ada, namun akan dicek kembali bersama Kapolres dan Dinas Perhubungan (Dishub) bagaimana simulasinya, yang jelas ini dilakukan untuk warga kota Balikpapan. Ditanya perihal kelonggaran, ia berharap kelonggaran itu ada dari darurat ke level 4, hanya bahasanya saja yang dirubah.

Dan untuk evalusi PPKM selama sepekan berjalan, sudah ada penurunan kasus terkonfirmasi positif covid-19, dari 500-an lebih sekarang sudah menjadi 200-an. Dan tingkat dari bor 100 persen sudah menjadi 80 persen.

“Artinya ada perubahan, namun tetap jaga protokol kesehatan dengan 5M,” ujar Rahmad.

Dan untuk kompensasi yang akan diberikan kepada masyarakat, insyaallah Minggu depan akan dibagikan dalam bentuk dana, dan untuk nominalnya masih akan diputuskan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Untuk sasaran yang menerima yakni masyarakat yang terdampak seperti para pelaku usaha, UMKM, gojek artinya yang terlibat langsung dalam PPKM Darurat.

“Mengapa berbentuk uang tidak sembako, agar uang yang diberikan bisa berputar di Balikpapan,” jelasnya.

Perbedaan PPKM darurat dan PPKM level 4, untuk indikatornya yakni pelayanan masyarakat terhadap para pelaku UMKM ada kelonggaran.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *