Urai Kemacetan, Pemkot Samarinda Berencana Bangun Kereta Layang

Samarinda, Metrokaltim.com – Salah satu rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Kota Tepian tersebut dengan cara membangun infrastruktur transformasi, yakni berupa kereta layang (skytrain) atau kereta umum dengan rute Stadion Madya Sempaja menuju Bandara APT Pranoto Samarinda.

Nantinya pembangunan kereta layang akan dibuat mirip dengan MRT di Jakarta. Sementara kereta umum seperti di Palembang. Hal ini diungkapkan Wali Kota Samarinda Andi Harun usai menggelar rapat teknis sinkronisasi perencanaan pembangunan Infrastruktur transportasi Kota, di ruang rapat Balai Kota Samarinda, pada Senin (19/07).

“Jika masih dinilai mahal maka kereta umun atau skytrain dikurangi lagi. Yang penting bisa berdampak baik mengurangi macet dan juga bisa jadi jalan alternatif,” terang Andi Harun

Pihaknya telah mengajukan rancangan tersebut kepada organisasi perangkat daerah (OPD) untuk ditindaklanjuti guna pengkajian lebih mendalam.

“Walau tidak bisa secepatnya, tapi kami usahakan perencanaannya bisa rampung tahun ini,” sebutnya.

Dalam rapat tersebut, lanjut Andi Harun bukan hanya sekedar pembangunan kereta, namun yang terpenting adalah masalah kemacetan dapat di realisasikan serta dapat berjalan secara maksimal.

“Saya sudah beri arahan kepada dinas terkait untuk menyusun rancanganya,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda Herwan Rifa’i mengatakan bahwa rancangan ini adalah rancangan jangka panjang Pemkot Samarinda, dan akan dikaji dalam waktu dekat ini guna dapat di eksekusi pada tahun depan.

“Yang penting dikaji dulu, transportasi apa yang paling efektif dan efisien. Targetnya tahun ini selesai, jadi tahun 2022 kita sudah action,” timpalnya.

(adv/mk/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *