Syarat Perjalanan Domestik Memang Seharusnya Dihapuskan, Sabaruddin : Jangan Jadikan Sebuah Ajang Bisnis

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah Pusat berencana akan mengeluarkan surat pemberitahuan tentang penghapusan syarat antigen dan PCR bagi perjalanan domestik, baik udara, laut dan darat. Mendapat respon positif dari Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle.

Menurut Sabaruddin Panrecalle, kebijakan pusat itu memang seharusnya dihapuskan, karena tidak ada jaminan ketika sudah booster maupun sebagainya. Bahkan masyarakat tetap saja bepergian.

“Oleh karenanya ini jangan dijadikan sebuah ajang bisnis, yang mana pemerintah berbisnis kepada masyarakat,” ucap Sabaruddin saat ditemui awak media, Rabu (9/3/2022).

Dikatakan, mereka sudah melalui skrining, vaksin dua kali maupun Booster, tetapi tetap melakukan antigen atau PCR. Sehingga langkah yang baik diambil dari pemerintah pusat untuk menghapuskan itu sangat tepat.

“Karena tidak semuanya masyarakat kita ini yang memang memiliki kapital yang banyak, dan dari awal teman-teman menyampaikan pemerintah jangan berbisnis pada rakyatnya,” tegasnya.

Dirinya menjelaskan, meski sudah dilakukan penghapusan bagi perjalanan domestik, pemerintah pusat tetap memastikan masyarakat melakukan vaksinasi dua kali maupun Booster, dan selalu memakai masker.

Ia pikir itu sudah sefty, di negara Asia, Eropa dan Arab sudah tidak memberlakukan memakai masker. Tetapi apakah Indonesia siap untuk menerima itu.

“Maka ada tahapannya, pastikan kita sudah melalui skrining, dan pakai masker,” terang politisi Partai Gerindra

Tidak hanya itu, fakta dilapangan sebagian masyarakat masih tidak mau menggunakan Booster, menurut warga itu bukan jaminan tidak terpapar covid, karena nyatanya yang booster juga masih bisa terpapar.

Jika pemerintah ingin menyakinkan booster terealisasi secara maksimal, perlu adanya edukasi kepada masyarakat.

“Ketika sudah booster, pemerintah bisa menyampaikan efek dampaknya, karena dilapangan selalu mengatakan tidak ada acuannya. Inilah paradigma yang perlu diluruskan,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.