Tampil Dengan Konsep Baru, Pasar Ramadan Resmi Dibuka Wali Kota Samarinda, Pembayaran Dengan Sistem Digital

Samarinda, Metrokaltin.com – Wali Kota Samarinda, Andi Harun resmi membuka Pasar Ramadan di Halaman Parkir Gor Segiri Samarinda, Selasa (5/4/2022) sore.

Hadir dengan konsep baru, tentunya tampilan Pasar Ramadan juga dibarengi dengan tampilan baru. Menggunakan tenda yang lebih nyaman dan lebih besar, penataan yang lebih rapi, hingga ornamen yang meriah, Pasar Ramadan pada tahun jauh lebih berbeda dari sebelumnya.

Bukan hanya dari tampilan saja, sistem pembayaran yang digunakan juga mengikuti zaman di era modern yakni mengunakan sistem pembayaran non tunai dengan aplikasi Q-RIS.

Andi Harun mengatakan jika mekanisme alur keluar-masuk pembeli maupun pedagang sudah sesuai protokol kesehatan. 

“Alhamdulillah, hari ini sudah mulai terurai aplikasi PeduliLindungi. Walaupun belum 100 persen, tapi sudah ada kesadaran yang cukup tinggi. Pedagang juga sudah familiar dengan skema metode pembayaran non tunai,” ungkapnya.

Hadirnya Pasar Ramadan itu sendiri diakui Andi Harun sangat berpengaruh terhadap perputaran perekonomian masyarakat Samarinda. Pasar Ramadhan ini ialah salah satu alat penggerak roda perekonomian daerah. Dari pasar ramadhan, kas daerah bisa mengantongi Rp 16 Miliar dalam sepekan. 

“Kalau hitungan sementara, estimasi, paling kurang dalam sehari itu antara Rp 1 Miliar sampai Rp 1,5 Miliar. Dari banyak jenis kegiatan, kuliner, fashion, entertainment, dan kerja sama sponsor,” jelasnya.

Pasar Ramadhan Samarinda yang akan hadir hingga tanggal 28 April 2022 nanti diharapkan akan terus membuat roda ekonomi berputar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan tidak berkurang. Sehingga, antara ekonomi dan kesehatan berjalan dengan seimbang,” pungaksnya. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *