Temukan Hp, Paku Ulin, Besi Hingga Semen di Blok Warga Binaan, Karutan: Upaya Deteksi Dini Gangguan Kamtib dan Memberantas Halinar

Tanah Paser, Metrokaltim.com – Pihak Rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Tanah Grogot, aktif menyusuri blok satu dan blok lainnya. Seperti yang dilakukan Kamis (21/1) bersama tim Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal), serta Satuan Petugas Keamanan dan Ketertiban dan ketertiban (Satgas Kamtib).

“Ya, ini melaksanakan giat razia di blok hunian warga binaan pemasyarakatan,” kata Kepala Rutan (Karutan) Klas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah SH Msi.

Pemeriksaan dilakukan kepada setiap warga binaan dan kamar blok mereka.

Lanjut Doni, adapun yang menjadi target dalam giat itu, yakni wisma hunian warga binaan blok C. “Razia ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini gangguan Kamtib. Dan memberantas Halinar (Handphone, pungli dan narkoba). Sudah tujuh kali kami laksanakan,” sambung mantan Karutan Klas IIB Bantul dan mantan Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba ini.

Alhasil, dari razia rutin yang dilakukan per blok itu beberapa yang tidak diperkenankan ada di Rutan dan dibawa oleh warga binaan. Diantaranya, handphone (Hp), charger, headset, kabel, paku ulin, besi dan semen (lihat box).

Daftar barang yang berhasil diamankan dari kamar para warga binaan.

Dikatakannya, giat itu merupakan bagian
dari tujuan dari seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Tanah Grogot. Sebagai upaya deteksi dini, mencegah kemungkinan terjadinya gangguan Kamtib.

“Ini sudah komitmen kami semua untuk memberantas Halinar. Terimakasih kepada jajaran yang sudah bekerja keras sampai saat ini”, pungkas dia.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *