Tentukan Tema Debat Publik, KPU Kukar Gelar Rapat Persiapan

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Dalam waktu dekat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar rapat persiapan untuk menentukan waktu dan tanggal pelaksanaan debat publik.

Debat berisi pendalaman visi-misi pasangan calon (paslon) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kukar, yang hanya ada satu calon.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, Nofand Surya Gafillah menyampaikan materi yang akan dibahas belakangan ini di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 13 tahun 2020.

“Salah satunya pembahasan tentang penanganan Covid-19. Itu yang hari ini berbeda dengan yang sebelumnya,” terangnya.

Dalam rapat tersebut KPU juga akan membahas topik yang berkaitan dengan debat publik pendalaman visi-misi. Apakah temanya sama dengan cara calonnya lebih dari satu, atau memang ada perbedaan yang khusus, karena Pilkada Kukar hanya ada paslon tunggal.

Ada enam tema yang akan dibahas yakni, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan masalah daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota atau provinsi dengan nasional, memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

“Karena memang tema itu juga akan kita harus rapatkan dengan panelis,” kata Nofand.

Debat publik pendalaman visi-misi paslon akan dilaksanakan dua putaran, untuk paslon menyampaikan visi dan misinya. Kemudian pada saat pelaksanaan penyampaian visi-misi KPU Kukar akan bekerja sama dengan pihak yang televisi dan ada untuk jumlah orang yang hadir.

“Nanti setelah kita rapatkan, kita tetapkan tanggalnya, akan kita sampaikan informasinya,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *