Tiba di Desa Muara Pantun, Wabup Kutim Disambut Tarian Jepen

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Sanggar Tari Kutai Odah Etam menyambut Wakil Bupati H Kasmidi Bulang,ST MM bersama rombongan dengan tarian khas Kutai “Jepen”. Keenam penari Jepen ini, dengan gemulainya menampilkan tarian Kutai sebagai pembuka kegiatan Musrenbang di halaman BPU Desa Muara Pantun, Kecamatan Telen, Kabupaten Kutai Timur.

Ke enam anak penari teraebut berasal dari SMK Negeri 1 Telen, mereka di bawah asuhan ibu Rohani dan Koordinator Aras (Guru SMP). Diminta untuk tampil tentunya disambut dengan gembira oleh keenam penari, pada Minggu (9/2). Tarian Jepen khas Kutai ini menggambarkan kehidupan jaman dulu orang Kutai bermasyarakat.

Wabup Kasmidi Bulang sangat memberikan apresiasi tarian tradisional Jepen khas Kutai. Dan akan mengajak para penari untuk berkoordinasi langsung dengan Dinas Pendidikan Kutim, untuk meminta izin kepada sekolah. Agar, bisa menampilkan tarian adat Kutai ini Kabupaten Pinrang, Sulawesi nantinya.

“Saya berkerjasama dengan Dinas Pariwisata yang akan menampilkan tarian asli dari Kutai Timur di acara Dirgahayu Kabupaten Pinrang. Saya melihat tarian yang di bawakan anak – anak ini masih asli tidak di kolaborisi tarian modern,” terang Wabup Kasmidi Bulang.

Wabup Kasmidi Bulang mengatakan kalau Bupati Pinrang menginginkan di acara HUT Kabupaten Pinrang nanti menampilkan tarian asli daerah Kutim (jepen). “Kita ingin memperkenalkan kesenian asal Kutim agar lebih dikenal berbagi daerah,” jelasnya.

Sementara perwakilan Sanggar Tari Odah Etam, yang merupakan siswa SMK Negeri I Telen, Maya mengatakan tarian yang di bawakan sering di tampilkan berbagai perhelatan baik acara resmi, dan sering mengikuti perlombaan.

“Alhamdulillah kami tidak menyangka kalau di ajak bersama rombongan pak Wakil Bupati Kasmidi ke pinrang dalam acara HUT Kabupaten Pinrang yang ke 60, dan membawakan tarian Jepen khas Kutai, kami senang sekali akhirnya tarian ini bisa tampil di luar daerah,” jelas Maya.

Ini daftar penari khas Kutai asal SMK Negeri 1 Telen Desa Muara Pantun:

  1. Sevia Feranda
  2. Radika
  3. Risma
  4. Maya Sari
  5. Ella Tamala
  6. Jihan Kristina Dewi

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.