Tiga Orang Tenggelam Akibat Arus Sungai Deras, Sat Polair Polres Kukar Lakukan Pencarian

KUKAR, Metrokaltim.com – Tenggelamnya Kapal TB. RAHMAT NUR 09 di Perairan Sungai Dsn. Kedang Kepala Ds. Bukit Jering Kec. Muara Kaman Kab. Kutai Kartanegara., Jumat (25/11/22), pukul 17.30 Wita.

Menurut pengakuan saksi Kapal TB. RAHMAT NUR 09 menarik Tongkang TK. RIMBA RAYA 27 yang bermuatan Kayu Sengon dari Jetty PT. SDC Ds. Senyiur Kec. Muara Ancalong ke Jetty PT. RIMBA KARYA RAYATAMA (PT. RKR) Ds. Jembayan Kec. Loa Kulu.

Pada saat Kapal TB. RAHMAT 09 mengarah keluar dari Tikungan Sungai Muara Kedang Kepala dengan kondisi arus sungai yang sangat deras sehingga membuat Nakhoda kapal menambah kecepatan.

Namun dikarenakan kondisi Arus Sungai yang sangat deras membuat Kapal TB. RAHMAT NUR 09 tidak mampu menarik Tongkang TK. RIMBA RAYA 27. Akhirnya Kapal terlipat dan terseret ke arah bawah Tongkang dan Tenggelam.

“Atas peristiwa tersebut seluruh ABK Kapal TB. RAHMAT NUR 09 3 tiga orang tenggelam diantaranya Nahkoda kapal, M(23) dan kedua anaknya yang masih balita,H(2) dan B(5 bulan),” kata Kasatpolaires Kukar

Lanjutnya dugaan sementara penyebab Kapal TB. RAHMAT NUR 09 tenggelam adalah akibat Nahkoda yang masih minim pengalaman berlayar dan kondisi arus Sungai di Perairan Muara Dsn Kedang Kepala sangat deras . Kasus ini masih ditindaklanjuti oleh Polres Kukar.

Ditempat terpisah Kapolda Kaltim, Irjen Pol. Drs . Imam Sugianto, M.Si mengimbau kepada masyarakat tentang keselamatan dalam beraktifitas di sekitar perairan sungai / laut serta perlu adanya keterampilan yang memadai dalam menjalankan aktivitas sehari- hari bagi yang bekerja di perairan , khusunya perairan di wilayah hukum Polda Kaltim. (*/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.