Tebar Kebahagiaan, KPI Ajak Anak Panti Asuhan dan Tahfidz Berbelanja

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Beragam kegiatan sosial dilaksanakan oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dalam rangka hari ulang tahun ke 5 PT KPI dan HUT ke 65 PT Pertamina (Persero). Kali ini, PT KPI Unit Balikpapan mengajak 150 anak yatim/piatu dan Tahfidz untuk berbelanja kebutuhan pendidikan dan kebutuhan sehari-hari.

“Kegiatan berbelanja yang kita laksanakan pada hari ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan sekolah dan kebutuhan hidup mereka sehari-hari,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Selain bertujuan untuk memberikan kegembiraan bagi anak yatim, Chandra juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada para anak untuk memilih sendiri barang yang sesuai dengan kebutuhannya.

“PT KPI Unit Balikpapan memberikan anggaran masing-masing anak Rp. 500 ribu. Namun dalam membelanjakan uang dimaksud, minimal Rp. 300 ribu harus dipergunakan untuk membeli peralatan sekolah,” kata Chandra.

Peserta kegiatan berbelanja ini diikuti oleh anak-anak yang berasal dari Panti Asuhan Amanah Umat, Panti Asuhan Yamusa, Panti Asuhan Aisiyyah, Panti Asuhan Yayasan Kasih Bapa, Panti Asuhan Nurul Iman, Panti Asuhan Nurul Khaerat, Tahfidz Al Ikhwan, Tahfidz Istiqlal Panorana, Tahfidz Istiqomah, Tahfidz Mafatihul Ulum, serta anak asuh KPI Unit Balikpapan Keluarga Ulin.

Setelah berbelanja, masing-masing anak diminta untuk memilih satu barang yang mereka beli untuk didonasikan kembali. “Melalui kegiatan ini kita ingin agar anak-anak juga dapat belajar. Walaupun mereka menerima bantuan dan mungkin saja berkekurangan, mereka juga dapat memberikan bantuan kepada orang lain. Bantuan tidak harus selalu diartikan sesuatu yang bernilai mahal,” kata Chandra.

Terlihat ketika melewati kasir pembayaran, para anak mengambil sesuatu dari kantong belanjanya. Barang yang mereka ambil kemudian diletakannya di tempat donasi yang ditetapkan panitia.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat dan berkah tidak hanya bagi Pertamina namun juga mereka yang menerimanya,” kata Chandra.

Kegiatan belanja yang ini menjadi sumber kegembiraan peserta. “Saya senang mengikuti kegiatan ini karena saya ingin membeli barang untuk keperluan sekolah. Nanti saya juga mau membeli barang kebutuhan adik saya,” kata salah seorang peserta.

Dalam kesempatan itu, KPI Unit Balikpapan juga memberikan bantuan kepada masing-masing Panti Asuhan dan Rumah Tahfidz untuk membantu biaya operasionalnya. Selain itu, hasil donasi yang dikumpulkan dari peserta belanja tersebut kemudian disalurkan ke Panti Asuhan Bina Bersama. (*/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published.