Tiga Pejabat Polresta Balikpapan Diganti, Eks Kabagops Resmi Menukangi Tim Beruang Hitam

Balikpapan, MetroKaltim.com – Tiga pejabat utama Polresta Balikpapan diganti. Mereka adalah Kasat Reskrim, Kabag Ops dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang. Serah terima jabatan (sertijab) baru pun digelar di Mapolresta Balikpapan, pada Senin (22/6).

Diketahui, Kasat Reskrim Polresta Balikpapan sebelumnya dijabat oleh AKP Costa Sabam M Siahaan. Namun, kini Costa menjabat Kasat Sabhara Polres Kutai Barat. Sebagai pengantinya, mantan Kabagops Polres Berau Kompol Agus Arif Wijayanto ditunjuk untuk menukangi satuan berjuluk Tim Beruang Hitam itu.

Sedangkan Kabag Ops kini dijabat oleh Kompol Nur Kholis yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Palaran, Samarinda. Pejabat sebelumnya, Dody Surya akan berlabuh di Pamen Polda Kaltim dalam rangka Pendidikan Sespimmen Polri.

Sementara kursi orang nomor satu di Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang kini diisi oleh AKP Retno Ariania yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Batu Sopang di Kabupaten Paser. Dika Yosep sendiri diketahui menjabat Kabagops Polres Kutai Barat.

Sertijab dan pelantikan pejabat baru ini digelar di Rupatama Polresta Balikpapan. Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi yang langsung memimpin jalannya upacara tersebut.

Dalam pidatonya, Turmudi mengatakan, sertijab ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat telegram Kapolda Kaltim bernomor: ST/671/VI/KEP/2020, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan Polda Kaltim. Surat tersebut terbit pada 04 Juni 2020. Artinya pergantian ini merupakan realisasi dari kebijakan pimpinan dalam pembinaan karier pejabat yang bersangkutan.

“Saya, atas nama keluarga dan satuan mengucapkan selamat atas jabatan baru saudara-saudara. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman selama ini dapat diterapkan pada tugas dan jabatan baru,” ucap Kapolresta dihadapan peserta pelantikan.

Turmudi berharap agar Agus Arif, Nur Kholis dan Retno Ariania bisa menerima tanggung jawab tugas dan jabatan. Serta sesegera mungkin beradaptasi di lingkungan Balikpapan. “Kenali pelajari lingkungan kerja sesuai jabatan baru yang kini disandang,” ujar perwira melati tiga itu.

(tya/ ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.