Tim Puslitbang Polri Sambangi Mapolresta Balikpapan, Gelar Penelitian Tata Kelola SDP

Balikpapan, Metrokaltim.com – Beberapa jam setelah menyambangi Markas Polda Kalimantan Timur, Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri menyambangi Markas Polresta Balikpapan, Senin (9/11) siang. Di sana, tim meneliti perkembangan teknonologi informasi dan komunikasi yang ada di kantor kepolisian kota itu.

Tim ini dipimpin Kombes Pol M. Asrul Aziz, yang menjabat sebagai Kabidgasbin Puslitbang Polri. Asrul datang bersama anggotanya, yakni seorang dosen dari Universitas Indonesia (UI) Pembina TK I Dokter Suryadi, IPTU Gustika Sitanggang, dan Paur SDM Bidgasbin Penata TK I Sosianti.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Kepala Polresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi dan Wakil Kepala Polresta Balikpapan AKBP Sebpril Sesa. Mereka lalu ke ruang rapat utama (Rupatama) Mapolresta Balikpapan untuk memulai kegiatannya.

Selain Turmudi dan Sebpril, kegiatan ini juga diikuti beberapa pejabat utama Polresta Balikpapan serta Kepala Polsek jajaran Polresta Balikpapan. Selain itu ada juga operator atau admin yang mengendalikan aplikasi berbasis online di lingkungan kerja kepolisian.

Dalam sambutannya, Asrul menjelaskan, di Polresta Balikpapan timnya tengah melakukan penelitian tentang tata kelola Sumber Daya Polri (SDP) dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi terpadu. Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana implementasi teknonologi informasi dan komunikasi yang sudah dilaksanakan di setiap instansi kepolisian.

“Pimpinan Polri menginginkan seluruh aplikasi yang sudah tersebar di kewilayahan bisa dimanfaatkan sesuai dengan tujuan awal dibangunnya aplikasi tersebut,” jelas Asrul.

Nantinya, lanjut Asrul, masukan dan saran dari operator pemegang aplikasi bisa dijadikan landasan pimpinan Polri dalam menentukan kebijakan selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk mengintegrasikan seluruh aplikasi online di lingkungan kepolisian.

“Dalam mengambil kebijakan dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pimpinan Polri sangat membutuhkan masukan dan saran dari setiap operator aplikasi,” ucap perwira melati tiga itu.

Setelah pidato singkat Asrul itu, Tim Puslitbang melanjutkan kegiatan dengan wawancarai dan diskusi kepada para peserta yang hadir. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin cepat berkembang, juga menjadi motivasi penilitan ini digelar.

Masih di Mapolresta Balikpapan, Turmudi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Puslitbang Polri ini. Karena menurutnya, kehadiran tim tersebut akan membantu untuk menjadikan Polresta Balikpapan lebih baik kedepannya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini ada hasil yang bisa diambil untuk membangun Polresta Balikpapan kedepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Kapolresta Balikpapan.

Usai melangsungkan penelitian di Polresta Balikpapan, Tim Puslitbang melanjutkan penelitiannya ke satuan kerja Polda Kaltim lainnya. Diantaranya, Polresta Samarinda, Polres Kutai Kartanegara dan Polres Bontang.

(sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *