Tingkatkan Perekonomian, Sultan Paser Ajak Masyarakat Paser Budidaya Porang

Tana Paser, Metrokaltim.com – Secara simbolis, Sultan Paser, YM Aji Muhammad Jarnawi bergelar Sultan Muhammad Alamsyah III, melakukan penanaman bibit Porang di area Kesultanan Paser, Desa Sangkuriman, Kecamatan Pasir Belengkong, , Sabtu (3/4).

“Alhamdullilah ada 100 bibit yang kami tanam,” ucap Aji Muhammad Jarnawi.

Sembari melakukan penanam bibit Porang, ia mengajak masyarakat untuk dapat membudidayakan Porang. Menurutnya, bakal membantu meningkatkan perekonomian petani dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Paser.

“Secara geografis dan kultur tanah di Kabupaten Paser sangat cocok sekali untuk membudidayakan Porang,” sebutnya.

Sebagai wujud nyata, ia telah menyediakan lahan seluas 200 hektare untuk budidaya Porang. “Mudah-mudahan tanaman Porang ini menjadi andalan ke depan untuk Kabupaten Paser, ” harap dia.

Tak perlu khawatir, karena Porang dapat ditanam di sela-sela kelapa sawit. “Porang ini bisa tumpang sari. Tapi kami harapkan untuk adanya lahan khusus,” pungkasnya.

Sekadar infomasi, Porang diekspor hingga mancanegara. Diantaranya, Cina, Jepang, Italia dan Australia. Dan permintaan pasar dunia akan Glukomanan Porang mencapai 600 juta ton, namun yang terpenuhi baru 30 juta ton.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *