LPM GS, Kelurahan dan Seluruh Ketua RT Lakukan Penanaman Pohon untuk Penghijauan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk mendukung program pemerintah dalam melestarikan lingkungan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gunung Samarinda (GS), Balikpapan Utara (Balut) bersama dengan kelurahan, melaksanakan kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan di area sekitar parit besar tepatnya di Tempat Pembuangan Sampah Kampung Timur (TPS) GS, Minggu (4/4).

Usai kegiatan, LPM GS Halili Adi Negara mengatakan, penanaman pohon ini untuk penghijauan, serta untuk mengatasi permasalahan hutan gundul yang ada di Gunung Samarinda.

“Apalagi lokasi itu juga sebagai akses masuk menuju TPS Kampung Timur yang baru,” ucap Halili Adi Negara saat ditemui media, Minggu (4/4) pagi.

Dikatakannya, kegiatan di prakarsai oleh LPM yang didukung kelurahan, dan diikuti seluruh ketua RT di GS. Sementara untuk pohon yang ditanam ini berasal dari sumbangan para ketua RT.

“Seperti yang disampaikan pak lurah setiap RT minimal bawa 1 pohon, tetapi alhamdulillah ada RT bawa sampai 30 pohon. Saya ucapkan terima kasih pada seluruh ketua RT,” jelasnya.

Lurah GS Tarso membenarkan, kegiatan penanaman pohon ini salah satu program LPM di tahun 2021. Yang mana kegiatan ini untuk menindaklanjuti kegiatan bersih-bersih yang sebelumnya dilakukan disini.

“Sebenarnya wacana ini sudah lama, namun setelah didiskusikan akhirnya disepakati penanaman pohonnya,” tambah Tarso.

Selain penanaman pohon, ini sekaligus untuk rapat berkoordinasi seluruh ketua RT. Dan Alhamdulillah dari LPM, guyub rukun, karang taruna serta ketua RT sama-sama turun ke lapangan.

“Kami mengarahkan 59 RT di GS membawa 1 pohon, namun ada RT yang bawa lebih, sehingga total yang ditanam lebih dari 100 pohon,” tuturnya.

Dirinya berharap, Dinas Perhubungan bisa segera membantu pemasangan Penerangan Jalan Utama (PJU). Karena TPS yang ada di Wonorejo sudah banyak dikeluhkan warga. Bahkan sudah disepakati bahwa namanya TPS Kampung Timur GS.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *