Usia Tua Kabupaten Paser, Persoalan Listrik Masih Menjadi PR

Tana Paser, Metrokaltim.com – Delapan dari 10 RT di Desa Sebakung, Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser belum merasakan aliran listrik PLN. Diketahui lingkungan RT yang belum merasakan, yakni RT 3 hingga RT 10.

Masyarakat belum menikmati listrik secara menyeluruh, ini pun menjadi pekerjaan rumah (PR) dari Pemkab Paser, terlebih pada Selasa (29/12) baru saja berulang tahun ke-61 tahun. Usia yang tergolong tidak muda lagi.

“Total dari delapan RT itu, sekira 350-an KK yang belum merasakan. Saat ini baru RT 1 dan RT 2, ya ada 100 KK,” kata Kepala Desa Sebakung, Bakransyah, Rabu (30/12).

Terkait untuk aliran listrik sendiri, dikatakan Bakransyah jika telah mengantarkan proposal ke kantor PLN di Balikpapan. Dari proposal dan intens berkomunikasi, ia mendapatkan angin segar mengenai kelanjutan listrik di Desa Sebakung.

Kepala Desa Sebakung, Bakransyah.

“Bahwa itu masuk di perencanaan 2021. Tinggal bagimana lagi dari masing-masing cabang nantinya (realisasikan). Kami akan menindaklanjuti lagi proposal yang kami antar sebelumnya,” sambungnya.

Warganya sangat berharap pada 2021 nanti dapat realisasi penambahan aliran listrik itu. Karena sudah sangat lama dinantikan. Hal ini pun menjadi catatan atau pekerjaan rumah dari Pemkab Paser.

“Kami juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Paser bisa mengawal kelanjutan listrik di Desa Sebakung ini,” terangnya.

Bagi warga yang belum teraliri listrik negara, sampai saat ini ada yang menggunakan genset, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) maupun lampu pelita.

“Jadi untuk penerangan dari warga ini, tergantung perekonomian masing-masing kepala keluarga,” pungkasnya.

(all/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *