Usung Tema Bergerak Bersama, HUT Ke-76 PMi Balikpapan Gelar Sejumlah Kegiatan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tepat 17 September 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) peringati HUT Ke-76. Yang dilaksanakan di Markas PMI, Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan.

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam HUT Ke-76, diantaranya donor darah, lomba konteks poto donor darah dan penghargaan kepada relawan donor darah. Mengusung tema Bergerak Bersama Untuk Sesama.

Ketua PMI Balikpapan drg. Dyah Muryani menyampaikan, sebagai organisasi sosial, hadir di 10 kabupaten/kota di Kaltim, yang mengabdikan diri kepada pemerintah dan masyarakat serta lapisan organisasi dan LSM lainnya.

“Tugas PMI adalah tugas sosial dan kemanusiaan, sebagai organisasi independen yang tidak terbawa arus. Dan sebagai organisasi independen, membantu dengan jasa, bergerak dibidang sosial dan membantu pemerintah, masyarakat dan membantu pihak swasta,” ucap drg. Dyah dalam sambutannya, Jumat (17/9).

Dyah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Balikpapan atas dukungannya selama ini, baik dari relawan, perusahaan swasta dan TNI/Polri yang telah memberikan dedikasinya kepada PMI Balikpapan.

“Mana kalah kami kekurangan stok darah, pastinya kami meminta bantuan dari satuan-satuan TNI/Polri. Kami ucapkan terima kasih juga kepada Pemkot Balikpapan, telah membantu PMI baik dari segi anggaran maupun peralatan lain,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan pihak Pemkot salah satunya, peralatan dari Pemrov Kaltim dan BI Perwakilan Kaltim, untuk mensupport keperluan peralatan transfusi darah. PMI juga selalu buka 24 jam untuk melayani masyarakat.

Sementara mewakili Wali kota Balikpapan, Asisten II Bidang Ekonomi Muhammad Nur mengucapkan selamat ulang tahun PMI Ke-76, dengan usia yang semakin dewasa, kehadiran PMI tetap eksis dalam membantu masyarakat dalam berbagai kesulitan dengan gerakan kemanusiaan.

“Masyarakat yang semakin dewasa, memiliki peran penting untuk mendukung potensi PMI dalam sosial kemanusiaan. Tidak hanya melayani donor darah, tetapi juga dapat membantu kebencanaan, bantuan relawan dan fungsi edukasi terkait pelayanan kesehatan masyarakat,” jelas Muhammad Nur.

Tak kalah pentingnya, dimasa pandemi kehadiran PMI sangat dibutuhkan, bukan hanya kebutuhan darah konvensional, kebutuhan donor darah konvalesen menjadi salah satu bentuk penyembuhan pasien covid-19.

Ia berharap agar masyarakat memenuhi syarat medis, dapat mendonorkan darahnya, untuk mengurangi resiko kepada pasien, termasuk mengantisipasi keadaan darurat.

Lebih jauh Ketua UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Balikpapan dr. Suryani Trismiasih menyampaikan, peran penting donor darah, baik dari segi kesehatan maupun terkait dengan kemanusiaan.

Menurutnya, di HUT PMI Ke-76 ini pihaknya telah melaksanakan kegiatan donor darah, mulai tanggal 10-16 September dengan tambahan bingkisan bagi pendonor.

Selain itu, kegiatan dilakukan yakni poto konteks, pendonor yang ikut donor mulai tanggal 10-14 September akan diikutkan lomba konteks poto atau selfi melalui medsos PMI Balikpapan.

“Selanjutnya, sosialisasi dan edukasi melalui media radio dan elektronik, terkait donor darah dimasa pandemi,” paparnya.

Diakhir acara, dilakukan pemotongan tumpeng, dan PMI Balikpapan mendapatkan bingkisan kue ulang tahun dari Walikota Balikpapan, Rahmad Masud.

Dalam rangkaian HUT PMI juga dilakukan pemberian penghargaan kepada mitra perusahaan swasta telah memberi banyak andil dalam berbagai kegiatan. Kemudian pemberian penghargaan kepada para pendonor termasuk pendonor konvalesen.

(*/Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *