Vaksinasi Pertama untuk Lansia Dilakukan di Dome

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam waktu dekat ini, vaksinasi pertama untuk lansia akan dipusatkan di BSCC Dome, Minggu (7/3) dengan jumlah sekitar 400-500 lansia, mengingat jumlah lansia di Balikpapan ada sekitar 56 ribu jiwa.

Dengan kegiatan tersebut, Wali kota Balikpapan Rizal Effendi mengadakan rapat kepada 6 kecamatan dan 34 kelurahan untuk membantu warganya yang masuk kategori lansia. Bahkan dirinya minta pihak kelurahan untuk melatih sejenak, bagaimana kegunaan aplikasi pendaftaran untuk lansia.

“Apalagi pendaftaran ini tidak hanya melalui apalikasi, tetapi bisa melalui Satgas RT atau kelurahan,” ucap Rizal Effendi saat pres rilis, Jumat (5/3) sore.

Tidak hanya itu, Balikpapan sendiri besok (6/3), akan mendapatkan tambahan vaksinasi dari Provinsi Kaltim, lantaran stok yang dimiliki masih ada sebanyak 4.500 vaksin.

Dan ini akan dibagikan kepada kelompok agama, atlet, guru, TNI, Polri dan pedagang. Karena selain pedagang Klandasan dan Pandansari, akan dilanjutkan ke pedagang di Pasar Baru, Pasar Rapak dan lainnya.

“Dalam rapat, lurah siap membantu untuk menjelaskan kepada masyarakat untuk lansia, bahwa hari ini dibuka aplikasinya. Sehingga Minggu akan dimulai vaksinasi pertama,” jelasnya.

Lebih jauh Kepala Dinas Kesehatan dr Andi Sri Juliarty memaparkan, untuk realisasi vaksinasi pelayanan publik sampai kemarin (4/3), itu mencapai 4.525 orang atau 50,08%. Sebenarnya tiap hari rumah sakit dan puskesmas terus berjalan melakukan vaksinasi, namun ada yang sudah di vaksin tetapi belum terinput di aplikasi.

“Tentu kami paham, bahwa teman-teman juga butuh waktu untuk menginput data,” papar dr Dio panggilan akrabnya.

Lanjutnya, dirinya meminta ijin kepada walikota, bahwa besok (6/3) pihak akan mengadakan satu kali lagi kegiatan vaksinasi di Dome untuk pelayanan publik yang memang kelompok-kelompok itu berjumlah sedikit, maka itu dikumpulkan di Dome dan akan dilanjutkan Minggu dengan vaksinasi bagi lansia.

“Bapak wali bersama camat dan lurah telah membagi, bahwa untuk di Dome nnti setiap kelurahan akan mewakili 10 lansia yang akan di daftarkan oleh lurahnya agar merata. Sementara yang lainnya tetap saja mengikuti proses pendaftaran melalui link yang sudah ditetapkan oleh diskominfo. Kemudian pelaksanaan untuk lansia setelah di Dome, selanjutkan akan dilakukan Selasa (9/3),” pungkasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *