Program Aspol Tangguh, Polres – Polsek Budidaya 5 Ribu Benih Lele

Tana Paser, Metrokaltim.com – Sampai sekarang ini, pandemi Covid-19 masih terus mewabah. Entah sampai kapan, ini bakal berakhir. Semua sektor merasakan dampaknya, tak terkecuali dari sisi ekonomi.

Berbagai prorgam dilakukan oleh semua pihak, khususnya langkah mendukung penguatan perekonomian. Seperti yang dilakukan oleh Polres Paser. Dimana menginisiasikan untuk pemanfaatan lahan di lingkungan polisi. Yang mana dikenal dengan program Asrama Polisi (Aspol) Tangguh.

“Seperti yang kami lakukan hari ini di Polsek Tanah Grogot, dengan melakukan budidaya sebanyak 5 ribu benih lele,” kata Kapolres Paser, AKBP Eko Susanto, SIK, Jumat (5/3).

Dijelaskannya, program Aspol Tangguh dilaksanakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, untuk dapat diterapkan, khususnya lahan kosong sekitar rumah. Karena budidaya ini sangat tepat dalam penguatan perekonomian.

“Program ini juga termotivasi dari KTN (Kampung Tangguh Nusantara). Ya, pola seperti ini bisa diterapkan di polsek dan lingkungan tumah warga,” sebut dia.

Dijelaskannya penerapan Aspol Tangguh sendiri juga dilakukan dengan memperhatikan kondisi lingkungan Polsek. Karena tidak semua dapat menerapkan pelaksanaan yang sama. Namun tak berarti, tidak ada penguatan perekonomian yang dilakukan.

“Mungkin bisa mengembangkan dari sisi sayuran, perikanan,” ujarnya.

Dengan adanya program itu, dia berharap dapat dikembangkan pula di lingkungan masyarakat. Dikatakan Aspol Tangguh, karena tak hanya sebagai penguatan ketahanan pangan, namun juga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *