Vaksinasi untuk Lansia Mulai Dilakukan, Pemkot Mendata Ada 56 Ribu Jiwa

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan kembali melaksanakan kegiatan vasksinasi untuk lansia di BSCC Dome, Minggu (7/3). Kegiatan vaksinasi lansia ditargetkan bisa mencapai 400 orang.

Menurut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, untuk data lansia di Balikpapan ada sekitar 56 ribu jiwa. Dan ketika ada masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi, diharapkan untuk bersabar.

“Karena pembagian dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus,” ucap Rizal Effendi.

Apalagi Selasa (9/3), kegiatan vaksinasi akan kembali dibuka di setiap Puskesmas dan sebagainya. Ditambah lagi, Balikpapan mendapatkan dosis vaksin sebanyak 4.500 vaksin dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Dan itu akan dibagi untuk pelayanan publik, tokoh agama dan pedagang pasar, serta untuk TNI-Polri,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty memaparkan, setiap pelaksanaan vaksinasi di Dome pihaknya selalu target 500 orang, sesuai dengan kapasitas gedung SDM dan waktu yang diperhitungkan.

Khusus untuk lansia, hari ini (7/3) dihadiri oleh 10 perwakilan lansia per Kelurahan. Yang mana di Balikpapan ada 34 Kelurahan sehingga totalnya ada 340 lansia dan sisanya undangan kepada lansia dari kelompok-kelompok lansia seperti dari Bukadri, LKRI.

“Untuk sisanya yang belum, di persilahkan untuk mendaftar melalui aplikasi yang dibuka oleh kominfo, dalam aplikasi ada pilihan Puskesmas yang dituju, setelah itu klik akan muncul nomor telepon yang akan dihubungi, mengingat pendaftaran melalui telepon ke Puskesmas masing-masing, karena setiap Puskesmas hanya mampu melayani 50 lansia per hari,” terang dr Dio panggilan akrabnya.

Lanjutnya, ketika warga sudah menghubungi, warga dipersilahkan menunggu konfirmasi untuk jadwal vaksinasi. Maka itu ia minta masyarakat untuk tidak khawatir dan kecewa, karena semua mendapat giliran.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *