Wali kota Pimpin Upacara Hari Jadi ke-126 Kota Balikpapan, Ajak Seluruh Unsur Berkolaborasi dan Bersinergi

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan melaksanakan upacara Hari Jadi ke-126 kota Balikpapan dengan tema Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi. Pelaksanaan upacara digelar di Lapangan Merdeka Balikpapan, Jumat (10/2/2023) pagi.

Upacara hari jadi kota Balikpapan dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud yang diikuti jajaran forkopimda dan tamu undangan. Dikesempatan itu pula, wali kota didampingi ketua DPRD Balikpapan dan Dinas Pendidikan Balikpapan melakukan peresmian SMPN 25 Balikpapan Barat (Balbar) dengan melakukan penandatangan prasasti.

Dalam sambutan, Rahmad menjelaskan, tema kolaborasi bermakna proses kerjasama untuk menghasilkan gagasan atau ide sebagai upaya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan secara bersama menuju visi kota Balikpapan.

“Sedangkan Sinergi adalah bentuk dari sebuah proses yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis, sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal,” ucap wali kota di depan para peserta, Jumat pagi.

Dikatakan, tema ini untuk mengingatkan pentingnya bagi semua untuk saling bekerjasama dalam mencapai tujuan, karena dengan semakin majunya perkembangan zaman yang disertai dengan semakin beratnya tantangan. Hendaknya dapat dihadapi dengan rasa kebersamaan dan bukan mengedepankan ego masing-masing.

“Saya berharap seluruh unsur pemerintah, swasta dan masyarakat dapat terus saling berkolaborasi dan bersinergi dalam proses pembangunan kota, sehingga kedepannya kota Balikpapan dapat berkembang menjadi kota terkemuka yang nyaman dihuni, modern dan sejahtera dalam bingkai madinatul iman,” harapnya.

Lanjutnya, ini juga menjadi momentum penting untuk membangun wajah baru Balikpapan sebagai kota smart, kreatif dan inovatif yang siap menyangga IKN sekaligus kota terbuka dan prospektif dengan masyarakat yang rukun, penuh rasa optimis berbekal kompetensi dan siap menghadapi persaingan guna menjadi pelaku pembangunan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan berkontribusi nyata bagi kemajuan kota Balikpapan,” imbuhnya.

Dirinya juga mengajak semua untuk dapat memelihara situasi yang sudah stabil, selain dengan berupaya agar kasus pandemi tidak kembali melonjak, juga dengan menjaga situasi Balikpapan yang aman dan kondusif, khususnya saat ini semakin mendekati tahun politik di mana akan diselenggarakan pemilihan umum.

“Momentum hari jadi kota merupakan salah satu tonggak langkah maju pembangunan kota Balikpapan,” terangnya.

Setelah upacara, pemerintah akan meresmikan SMPN 25 Balbar yang terletak di kampung atas air. Mudah-mudahan bangunan SMPN 25 ini dapat segera dimanfaatkan sebagai sarana pendidilan bagi anak-anak yang memang menjadi salah satu prioritas pembangunan kota Balikpapan tahun 2023.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menyerahkan 16 panji-panji keberhasilan pembangunan, 15 trofi terbaik kedua dan 5 trofi terbaik ketiga yang diterima saat HUT ke-66 Provinsi Kaltim kepada OPD Balikpapan.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi tolak ukur dan motivsi bagi seluruh jajaran Pemkot Balikpapan untuk selalu berupaya bekerja lebih optimal,” tuturnya. (mys/ries)

217

Leave a Reply

Your email address will not be published.