Wali Kota Sampaikan LKPj Tahun 2020 Dalam Rapat Paripurna DPRD

Balikpapan, Metroklatim.com – DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat Paripurna ke-14 Masa Sidang I Tahun 2021 terkait dengan penyampaian nota penjelasan wali kota Balikpapan tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2020.

Usai paripurna, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mengatakan, untuk materi yang disampaikan wali kota berkaitan dengan pertanggungjawaban yang meliputi berbagai sektor.

“Mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, kepariwisataan, dan OPD-OPD (organisasi perangkat daerah) yang telah menggunakan anggaran itu,” kata Sabaruddin didepan awak media, Selasa (30/3).

Lanjutnya, laporan tersebut disampaikan sebagai pertanggungjawaban wali kota periode 2016-2021. LKPj yang disampaikan nantinya akan dipelajari dan dievaluasi bersama-sama oleh anggota dewan.

Rapat Paripurna DPRD Balikpapan.

Kemudian nantinya LKPj ini akan dipelajari dan evaluasi bersama, lalu di elaborasi untuk diserahkan pada alat kelengkapan dewan. Dan tentunya nanti fraksi-fraksi ini punya argumentasi dan pandangan terhadap anggaran yang telah dilakukan oleh pemerintah.

“Setelah itu akan dibawa ke rapat badan musyawarah untuk menyampaikan kepada pimpinan dan mengusulkan semua rekomendasi pemerintah bahwa inilah pertanggungjawaban wali kota selanjutnya,” ucap Sabaruddin.

Dalam nota penjelasan LKPj wali kota Balikpapan tahun 2020, disampaikan bahwa dalam realisasi APBD 2020 terdapat sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) yang cukup besar, yakni lebih dari Rp 679,57 miliar. Silpa ini terdiri dari penghematan belanja sebesar Rp 317,93 miliar lebih dan pelampauan target pendapatan sebesar Rp 361,56 miliar lebih.

Terkait dengan Silpa, Sabaruddin menanggapi, bahwa memang Silpa ini tentunya tetap digunakan namun agendanya bukan hanya Silpa saja, tetapi semua yang disampaikan pemerintah kota menjadi catatan fraksi-fraksi dan alat kelengkapan dewan untuk mengevaluasi.

“Tentu Silpa itu akan dipertanyakan oleh kawan-kawan mengapa ada Silpa sebanyak itu dan tidak dimanfaatkan untuk kondisi saat ini,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *