Wali Kota Tinjau Pelaksanaan PPKM Mikro di Gunung Bahagia dan Sungai Nangka

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim Satgas Covid-19 Kota Balikpapan melaksanakan peninjauan ke PPKM Mikro di RT 38 Kelurahan Gunung Bahagia dan RT 31 Kelurahan Sungai Nangka, Balikpapan Selatan, Rabu (16/6) siang.

Dalam kunjungan PPKM Mikro di tingkat RT, Wali Kota Balikpapan Rahmd Mas’ud mengatakan, atas nama pemerintah kota dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh ketua RT yang bekerjasama dalam menangani permasalahan covid-19. Karena permasalahan covid-19 ini bukan hanya urusan pemerintah tetapi masalah semua.

“Kami bersama dengan pemerintah kota berharap kepedulian kita bersama. Dan apa yang pak RT sampaikan sebagai ketua Satgas sudah benar, hanya saja kita selalu mengimbau, mengingatkan dan menyampaikan untuk menerapkan 5M,” kata Rahmad Mas’ud dalam pelaksanaan peninjauan, Rabu (16/6).

Melalui informasi yang diterima bahwa kasus penyebaran covid-19 di pulau Jawa mengalami peningkatan, maka dengan turunnya ke lapangan, pemerintah kota terus mengingatkan masyarakat. Adanya peningkatan, ia mengimbau dan mengingatkan warga, termasuk awak media yang memiliki akses lebih cepat untuk menyampaikan informasi, jangan sampai Balikpapan seperti daerah Jawa.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud saat meninjau Posko PPKM Mikro di Gunung Bahagia.

“Bahkan dari pemerintah sendiri telah membatasi ASN untuk berpergian ketika tidak penting sekali dalam waktu dua Minggu ini, termasuk saya. Dan berharap agar warga bisa mengimbau keluarga maupun kerabatnya untuk tidak bepergian,” akunya.

Sementara dengan turunnya ke lapangan ini tidak lain dan tidak bukan lantaran peduli, karena yang kemarin sempat turun, namun sekarang dari 170 RT yang tadinya zona hijau kini meningkat menjadi zona kuning. Bahkan untuk satgas covid-19 di tingkat RT masih ada 105 RT yang belum terbentuk dan dia beeharap mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa terbentuk semuanya.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan rapat dengan Muspida untuk menentukan apakah pengetatan kembali kita lakukan di pintu bandara, pelabuhan laut. Yang terpenting tidak mengganggu aktivitas perekonomian Balikpapan,” jelasnya.

Ketua Satgas RT 38 Gunung Bahagia Amran Purba menjelaskan, bagi warga yang terpapar covid-19 tetap berada dirumah, hanya saja anggota keluarganya yang menginap di Posko PPKM Mikro, hal ini untuk menghindari penyebaran. Bahkan dengan musibah yang terjadi di wilayah RT 38 semua tim turun bergerak membantu, mulai dari yang mengambil obat, makanan dan membantu kebutuhan pasien.

“Kami mohon dukungan dari pemerintah agar pelaksanaan yang kami selenggarakan ini di lebih tajam, serta lebih akurat,” inginnya.

Tidak lupa ia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas dan kelurahan yang mana selama 2 tahun terakhir ikut bahu-membahu di wilayahnya ketika terjadi musibah covid-19. Bahkan dari beberapa perusahaan dilingkungan ikut membantu melakukan penyemprotan disinfektan setiap 3 bulan secara bergiliran.

Sementara Ketua Satgas RT 31 Sungai Nangka M Imron Yahya menuturkan, pertama-tama ia mengucapkan terima kasih kepada pihak kelurahan dan puskesmas yang memberikan fasilitas kepada warga RT 31, terutama bagi warga yang mau isolasi mandiri dan terkendala dengan rumah.

Karena banyak warga sini yang rumahnya kecil, namun keluarganya banyak. Sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Puskesmas untuk bisa melakukan isolasi mandiri. Dan Alhamdulillah Puskesmas merespon sangat baik.

“Sementara untuk keluarga pasien yang melakukan Isolasi mandiri, tim satgas tetap membantu memenuhi kebutuhannya, agar tidak keluar rumah,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *