DPRD Provinsi Jatim Kunker ke DPRD Balikpapan, Penyederhanaan OPD dari Kemenpan RB yang Dibahas

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja DPRD Provinsi Jawa Timur terkait Penyederhanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai aturan terbaru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Rabu (16/6).

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono mengatakan, kunjungan kerja DPRD provinsi Jawa Timur Komisi A terkait penyederhanaan OPD sesuai aturan perubahan. Namun Balikpapan belum melaksanakan, karena saat aturan yang baru diturunkan sebelumnya akan menyederhanakan jabatan fungsional ke struktural.

“Mungkin jelasnya tupoksinya disana karena disini belum melaksanakan,” ucap Budiono usai menerima kunjungan, Rabu (16/6).

Bahkan ia mengucapkan terima kasih kepada DPRD Provinsi Jawa Timur komisi A yang telah berkunjung di Balikpapan. Dengan adanya Perpu yang baru dari Menpan RB, DPRD Balikpapan mendapat ilmu dari DPRD Provinsi Jawa Timur.

“Kami sangat senang, dengan kunjungan ini kami bisa banyak belajar,” jelas Budiono.

Sementara Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur Hadi Dediansyah mengatakan, kunjungan kerja ini sebagai salah satu bentuk kerjasama dan saling tukar informasi.

“Kami melihat di Balikpapan suatu daerah yang luar biasa, yang saat ini menjadi perhatian nasional maupun internasional,” aku Hadi di depan awak media.

Ia menyampaikan, adanya aturan baru pemerintah pusat terkait penyederhanan OPD juga berdampak signifikan dan problematika di kota Balikpapan yang tidak jauh beda dengan daerah lain.

“Saya rasa hampir sama problematika Balikpapan tidak jauh beda dengan daerah-daerah lainnya,” jelasnya.

Namun pada prinsipnya inilah aturan pemerintah yang tumpang tindih, satu belum di laksanakan terdapat peraturan payung hukum baru dan akhirnya menjadi kebingungan di kalangan OPD di seluruh Indonesia.

“Bahkan sampai yang namanya OPD sekarang belum sempurna terisi, masih sifatnya PLT, dan kami menekankan kepada pemerintah pusat sesegera mungkin mengeluarkan aturan yang baku, aturan yang tetap biar teman-teman OPD bekerja maksimal, dengan ketenangan seperti halnya sekarang kan masih terjadi kebingungan,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *