Metro Kaltim

Wanita Matilda Dibekali Kelola Keuangan Keluarga oleh BI

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan, menggelar program Training of Trainer (ToT) Pengelolaan Keuangan Keluarga, kepada enam puluh orang wanita Matilda (Mandiri Terampil Berdaya) yang berasal dari 20 kelurahan se Kota Balikpapan, pada Jumat, (6/9). Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian Gerakan Wanita Matilda (GWM).

Bertempat di Ruang Beruang Madu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia, program ToT Pegelolaan Keluarga dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto.

Puluhan Wanita Matilda mengikuti program ToT Pengelolaan Keuangan Keluarga, yang digelar Bank Indonesia Balikpapan.

Kegiatan ini sendiri menghadirkan Pakar Perencana Keuangan, Ahmad Gozali selaku narasumber. Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Arita Rizal Effendi pun turut hadir dalam giat tersebut.

“Dalam progran ToT ini, para Wanita Matilda dibekali ilmu tentang cara mengelola keuangan keluarga, agar dapat mengoptimalkan pendapatan keluarga dan menghindari pengeluaran yang kurang diperlukan, sehingga kesejahteraan keluarga dapat terjamin,” ungkap Bimo.

Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Arita Rizal Effendi saat menghadiri kegiatan Wanita Matilda di BI.

Setelah mengikuti program ToT, para wanita Matilda didorong untuk menjadi duta komunikasi di masyarakat, agar dappat mengedukasi cara pengelolaan keuangan keluarga secara tepat.

“Diharapkan, meningkatnya literasi terhadap pengelolaan keuangan keluarga dapat mendorong para perempuan untuk melakukan perencanaan yang baik, termasuk menentukan pengeluaran belanja agar tidak berlebihan. Sehingga nantinya secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap permintaan barang di pasar, dan berperan dalam pengendalian inflasi,” paparnya.

Sebelumnya, pasca pembukaan GWM pada 30 Juli 2019 lalu, para wanita matilda telah diberikan program ToT mengenai Kebanksentralan, Edukasi Inflasi dan Cinta Rupiah, serta telah menerima bantuan bibit cabai dan tomat sayur sebagai bagian kegiatan Urban Farming.

Dalam kurun waktu satu bulan, para Wanita Matilda sukses melakukan kampanye mencapai 102 edukasi inflasi dan cinta rupiah kepada 4.117 orang di lingkungan kelurahan masing-masing.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *