Metro Kaltim

Warga Kutim Kibarkan Bendera Setengan Tiang, Penghormatan Terakhir Wafatnya Mantan Presiden Ke – 3

Sangatta, Metrokaltim.com – Satu persatu pemimpin terbaik Presiden RI-1 telah berpulang ke Rahmatullah di awali dari Presiden Pertama perintis kemerdekaan almarhum Ir Soekarno, Presiden kedua almarhum HM Soeharto yang dikenal dengan bapak pembangunan Indonesia, disusul dengan kepulangan presiden ke-4 juga tokoh “NU” yang terkenal dengan celotehannya “begitu saja kok repot” dan menjadi trend lontaran tersebut di kalangan bangsa Indonesia yaitu Almarhum Gus Dur.

Kembali tanah air dan segenap bangsa Indonesia berduka atas wafatnya presiden ke – 3 Almarhum H BJ Habibie ke haribaan Allah Swt. Dimata bangsa Indonesia Alm Habibie merupakan figur pemimpin yang cerdas, memiliki banyak ide brilian dalam berkarya untuk negerinya dan berkat kepintarannya pemimpin genius ini sempat memproduksi pesawat terbang karya anak negeri yang diberi nama pesawat baling bermesin jet Gatot Kaca atau yang lebih populer dengan sebutan pesawat N-250, dari hasil karya pesawat terbangnya itu membuka mata dunia internasional saat dipamerkan N-250 dalam pameran dirgantara diluar negeri di masa keemasannya kala itu

الذين اذا اصابتهم مصيبة قالوا انا لله وانا اليه راجعون “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali Al-Baqarah 2:156). Kini putra terbaik milik Indonesia dan segenap bangsanya Alm Habibi telah tiada tunai sudah janji baktinya terhadap nusa dan bangsa ini.

Alm presiden ke 3 Habibi meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) malam. Almarhum tutup usia di umur 83 tahun, dikarenakan sakit yang dideritanya dan dirawat intensif sejak 1 September 2019.Sebelum berpulang, Habibie ditangani 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak.

Atas meninggal dunianya mantan presiden ke 3 tersebut,Presiden (sekarang red) Joko Widodo melalui kebijakannya hari wafatnya mendiang Alm Habibi ditetapkan sebagai hari berkabung Nasional selama 3 hari, pemerintah pusat mewajibkan selama di berlakukan hari duka cita nasional di wajibkan mengibarkan bendera merah putih setengah tiang.

Jenazah Alm Presiden Bj Habibie dilepas secara upacara ke militeran dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (Nasional) Kalibata Jakarta. Pusara makamnya tepat berada disisi makam istri tercinta Almarhumah Hasri Ainun Besari. Adapun upacara militer di TMP Kalibata dipimpin langsung presiden RI Jokowi. Sepeninggalnya Alm Bj Habibie meninggalkan sang buah hati anak Ilham Akbar Habibie, Thareq Kemal Habibie

Prosesi pemakaman Almarhun BJ Habibie.

Lantas bagaimana rasa kesadaran masyarakat Kutim baik di Kota Sangatta sebagai bentuk bakti dan hormat atas wafatnya Habibie atas jasa-jasanya terhadap negara juga bangsa? Untuk dapat mengibarkan bendera setengah tiang.

Dari pengamatan awak media MetroKaltim.Com kesadaran masyarakat di Kutim terlebih di Kota Sangatta sebagai bentuk duka cita mendalam sangat tertanam dan tergambar jiwa nasionalismenya, kebangsaannya dan ke negarawanannya.

Salah satu masyarakat Sangatta yang turut merasakan kehilangan atas berpulangnya ke Rahmatullah Alm Presiden Bj Habibie yaitu Rofiq yang merupakan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) sekaligus memiliki profesi sebagai pemilik warung sembako dan kounter kartu perdana ponsel AE Cell kawasan Bukit Pelangi, Sangatta-Kutim.

“Atas kesadaran diri sendiri begitu mendengar presiden terbaik milik Indonesia dan bangsanya yaitu bapak Almarhum H Bj Habibie meninggal dunia, saya langsung terpanggil untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang. Di mata saya beliau adalah bapak bangsa, pahlawan Indonesia dan pemimpin yang cerdas, dan lebih membanggakan lagi mantan presiden ke – 3 kami itu mampu menciptakan pesawat terbang tentunya ini prestasi yang membanggakan serta mengahrumkan tanah air,” ungkap Rofiq.

Dia mengungkapkan bahkan hasil karya pesawatnya N 250 sempat dikontrak produksinya oleh dunia Internasional. “Beliau cukup disegani, dikagumi akan kecerdasannya juga terbilang smart dan familiar. Jiwa raganya benar-benar untuk Indonesia dan bangsanya,” ucapnya.

TK2D yang sukses dan memiliki jiwa dagang itu turut mendoakan kepergian Alm Bj Habibie. “Semoga beliau pergi ke pangkuan Allah Swt, Inshaallah secara Khusnul Khotimah, dilapangkan jalannya. Terima kasih bapak Habibie berpulanglah dengan tenang tugas dan pengabdianmu bagi bangsa dan negeri telah usai. Namum semangat, sauri tauladanmu kan tetap tertanam bagi generasi penerus bangsa,” tutup Rofiq.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *