Warga Sidodamai Minta Pembangunan Drainase, Komisi III Minta Tidak Ada Ganti Rugi Lahan

Samarinda, Metrokaltim.com – Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani meminta kepada warga agar secara suka rela khususnya di Kelurahan Sidodamai untuk memberi sedikit lahan tanahnya agar dapat dibangun drainase di kawasan tersebut.

“Pemerintah Kota Samarinda akan membangun drainase untuk warga di Kelurahan Sidodamai dengan catatan tidak ada pemilik tanah yang meminta ganti rugi saat lahannya digunakan membangun drainase,” ujar Angkasa, Sabtu (20/11/2021).

Angkasa Jaya menuturkan warga setempat menginginkan jalanan yang berbelok-belok  untuk dipotong kemudian dijadikan drainase yang lurus sepanjang kurang lebih 120 meter.

“Saya bilang silahkan ajukan proposalnya nanti akan saya perjuangkan, tapi warga harus suka rela  tanahnya digunakan untuk pembuatan drainase,” katanya.

Angkasa sapaan karibnya menjelaskan, di kawasan itu setiap kali hujan turun, rumah-rumah warga di daerah itu terendam banjir, termasuk Kantor Kelurahan Sidodamai.

“Bahkan seorang anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar (SD) pernah tenggelam akibat banjir  cukup dalam. Warga setempat ketika banjir menggunakan perahu karet untuk beraktivitas,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, apabila drainase di sana telah dibangun namun yang di pinggir sungai tidak ada akan percuma juga.

Dia berharap pembuatan drainase dari Gang Damai, nanti pembuangannya ke sungai dan meminta Pemerintah Provinsi Kaltim untuk membantu.

“Karena anggarannya cukup besar,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *