Peran FKPM Ditengah Masyarakat Sangat Membantu, Wakil Ketua DPRD Samarinda Berikan Apresiasi

Samarinda, Metrokaltim.com – Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi memberi apresiasi terhadap kerja-kerja Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) Kecamatan Sungai Kunjang sebagai mitra kepolisian.

Menurutnya, keberadaan FKPM sebagai mitra kepolisian di tengah masyarakat sangat penting. Antara lain, dalam turut menciptakan situasi keamanan dan ketentramanmasyrakat  agar tetap kondusif.

”FKPM ini memiliki peran penting untuk membantu masyarakat khususnya dalam menciptakan kondisi dan situasi keamanan. Karena itu, kita patut memberikan apresiasi terhadap peran FKPM selama ini,” ujar Subandi.
 
Subandi menambahkan, peran FKPM juga berkaitan dengan penyelesaian hukum ketika masyarakat mengalami kendala di lapangan. Bantuan hukum itu akan meringankan masyarakat sehingga tidak sampai berlanjut ke proses hukum yang formal.

”Bahkan FKPM selama ini turut membantu dalam penyelesaian masalah tindak pidana ringan (tipiring) yang ada di masyarakat sehingga tidak perlu sampai ke proses hukum, itu salah satu peran FKPM di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Keanggotaan FKPM terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para RT, dan lain lain. Mereka tidak menerima imbalan gaji atau balas jasa dari pihak manapun alias kerja probono.

”Anggota FKPM tidak mendapat gaji bahkan untuk operasional iuran sukarela dari para donatur karena tidak ada anggaran dari Pemerintah. Semoga menjadi pahala,” ucapnya.

(ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *