1.032 Petugas KPPS dan Linmas Reaktif, KPU Siapkan Rapid Test Kedua

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pasca dilakukan rapid bagi anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas Pilkada Kota Balikpapan, ditemukan 1.032 diantaranya menunjukkan hasil reaktif. padahal gelaran Pilkada Kota Balikpapan dilaksanakan tak lama lagi, yakni pada 9 Desember mendatang.

Data reaktif tersebut didapatkan dari hasil rapid test 13.500 orang. Selanjutnya, bagi mereka yang hasil tes rapidnya reaktif diharuskan mengikuti tes rapid ulang di puskesmas terdekat dengan domisili masing-masing.

“Data yang kami terima 1.032 orang ternyata reaktif. Makanya kami minta mengikuti rapid tes ulang. Kalau nanti kembali reaktif maka harus siap digantikan oleh yang lain,” ujar ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha di kantornya, Senin (30/11).

Ia mengatakan, data anggota KPPS yang dinyatakan reaktif masih bersifat sementara karena pemeriksaan masih dilakukan oleh pihak klinik yang bekerjasama dengan KPU.

Sebelumnya rapid test ini, KPU Kota Balikpapan tetap akan bekerja sama dengan delapan klinik swasta yang ada di Balikpapan. Dalam pelaksanaannya, petugas pemeriksaan rapid test ini didatangkan ke seluruh kantor kelurahan yang ada di Balikpapan. Yang kemudian pemeriksaannya dibagi dalam beberapa waktu.

Adapun pembagiannya yakni dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Kemudian dilanjutkan dari pukul 14.00 hingga pukul 17.00. Lalu lanjut lagi dari pukul 19.00 hingga pukul 22.00.

Ini dilakukan guna menghindari kerumunan massa, mengingat jumlah petugas KPPS ini sangat banyak. Begitu juga dengan waktu pemeriksaan rapid tes yang terjadwal agar petugas dari klinik dapat bergantian saat melakukan pengambilan sampel darah.

“Hasil sekarang ada 1.032 yang dinyatakan reaktif. Tapi data ini belum 100% jadi masih mungkin bertambah lagi. Makanya hari ini mereka yang reaktif melakukan tes rapid ulang di puskesmas,” tuturnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *