150 Warga Kaltimra Diberikan Sambungan Listrik Gratis dari PLN

Balikpapan, Metrokaltim.com – Program One Man One Hope yang dijalankan oleh PLN UIW Kaltimra telah mengumpulkan donasi sebesar Rp 149.284.258. Dana ini seluruhnya digunakan untuk penyambungan listrik gratis bagi sedikitnya 150 penerima manfaat yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

General Manager PLN UIW Kaltimra Sigit Witjaksono secara seremonial melakukan penyambungan listrik One Man One Hope di Balikpapan. Seremonial ini juga dilakukan serentak oleh unit layanan PLN UIW Kaltimra di Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, dan Tarakan. Kata Sigit, momen ini dirasa tepat karena bersamaan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

“Memperingati Indonesia merdeka, kami juga ingin berbagi kebahagiaan dengan memerdekakan masyarakat dari kegelapan. Alhamdulillah semoga donasi One Man One Hope ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan penerima manfaat melalui penggunaan listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari,” ujar Sigit, Jumat (14/8).

One Man One Hope adalah sebuah gerakan penggalangan dana yang diinisiasi oleh PLN guna mewujudkan program pemerataan listrik di Indonesia. Dalam gerakan One Man One Hope, pegawai PLN secara sukarela memberikan donasinya untuk ikut berkontribusi dalam penyambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu maupun masyarakat yang tinggal di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Program One Man One Hope PLN UIW Kaltimra telah menyambung sedikitnya 100 penerima manfaat di Kalimantan Timur dan 50 di Kalimantan Utara. Lebih lanjut, Sigit menerangkan bahwa penerima manfaat atas program One Man One Hope diutamakan pada warga yang terdata pada Basis Data Terpadu (BDT) Kementrian Sosial Republik Indonesia, yang berhak mendapatkan listrik dengan tarif subsidi dari pemerintah.

Secara seremonial PLN UIW Kaltimra menyambungkan listrik gratis ke 150 warga di Kaltimra.

“Kami menyambung dengan daya 450 VA dan 900 VA, diutamakan kepada warga yang tercatat dalam BDT. Namun ada juga penerima yang tidak terdata di BDT, misalnya mereka yang keadaan ekonominya terdampak pandemi covid19, atau mereka yang tinggal di daerah 3T,” jelas dia.

Lahara selaku warga penerima penyambungan listrik One Man One Hope mengaku bersyukur kini rumahnya sudah memiliki kWh meter listrik sendiri.

“Sebelum ini saya mengandalkan listrik dari tetangga, dan biayanya patungan dengan tetangga. Dengan penyambungan listrik gratis ini saya bisa lebih nyaman menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan saya. Terima kasih PLN,” ungkap Lahara

Selanjutnya Sigit berpesan kepada seluruh penerima manfaat One Man One Hope agar selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan listrik.

“Selalu gunakan listrik secara aman, tidak mencurangi penggunaan listrik dan mohon dibantu untuk merawat instalasi kelistrikan di sekitar rumah Anda karena listrik digunakan oleh seluruh masyarakat. Semoga apa yang kami lakukan ini membawa berkah dan manfaat bagi seluruh masyarakat,” tutup Sigit.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *