Metro Kaltim

165 Pebulutangkis Muda Hari Ini Resmi Bertanding di Kejurkab Kutim

Sangatta, Metrokaltim.com – Para pebulutangkis muda dari empat kategori yakni Kategori pertandingan usia dini, usia 10 tahun tunggal putra dan tunggal putri. Anak-anak usia 11-12 tahun tunggal putra dan tunggal putri. pemula usia 13-14 tahun, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri. Remaja usia 15-16tahun tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri, hari ini resmi bertanding di Kejurkab bulutangkis 2019 se Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Minggu (15/9).

Pertandingan yang secara resmi di buka oleh Plt Kapala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutim H Darmansyah SPd MM, berlangsung di Gedung Bulu Tangkis Surya Damai, Jalan Hidayatullah, Sangatta Utara, selama tiga hari yakni dari tanggal 15-18 September 2019.

“Ini merupakan event pertama yang di gelar sepanjang kepengurusan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kutim, namun untuk event-event yang lain atau tingkat dewasa sudsah sering di gelar,” kata Ketua PBSI Kutim Drs H Husaini MSi, saat pembukaan Kejurkab bulutangkis 2019 se Kabupaten Kutim.

Dikatakannya lagi bahwa PBSI Kutim sengaja menggelar Kejurkab untuk tingkatan usia dini, anak-anak, remaja dan pemula. Karena PBSI Kutim ingin melihat sampai sejauh mana keberhasilan para club yang ada di Kutim dalam membina atlet muda.

Para peserta pebulutangkis se Kabupaten Kutim, yang mengikuti Kejurkab Kutim.

“Regenerasi atlet yang ada di Kutim wajib dan harus dilaksanakan jika kita ingin terus berprestasi, karena empat tahun yang akan datang untuk atlet porprov yang serupa yang telah meraih mendali tidak dapat bertanding lagi di porprov berikutnya, mau tidak mau atlet harus dipersiapkan,” jelas Husaini.

Lebihlanjut Husaini menjelaskan, bahwa event ini digelar sebagai syarat untuk mengikuti kejurprov yang digelar di level provinsi, karena salah satu syaratnya adalah melaksanakan kejurkab dan jika tidak melaksanakan akan mendapatkan sanksi, sehingga atlet tidak bisa bertanding di event Porprov.

Sementara Plt Kadispora Kabupaten Kutim H Darmansyah SPd MM, saat membuka secara resmi Kejurkab bulutangkis 2019 se Kabupaten Kutim berharap, semoga kegiatan ini untuk memberi semangat kepada atlet muda pebvulutangkis di Kutim dari usia dini sampai dewasa.

“Kami dari Dispora ingin bersama-sama memajukan kegiatan olahraga di Kutim tidak hanya bulutangkis, tapi semua bidang olahraga lainnya agar bisa lebih maju. Saya cukup gembira bahwa pada hari ini adek-adek pebulutnagkis yang akan bertanding cukup bersemangat baik dari usia 10 tahun sampai yang remaja,” ucap Darmansyah.

Taklupa Darmansyah mengucapkan terimakasihnya kepada seponsor yang telah mensuport kelancaran kegiatan olahraga di Kutim.

Diharapkannya KONI dan Dispora dapat bekerjasama karena Dispopra tidak dapat bekerja sendiri tanpa ada KONI. “Jadi kami berharap semua kegiatan olahraga kita bangkit bersama,” harapnya.

Ia juga menyanjung Pemkab Kutim yang sangat mendukung kegiatan PBSI Kutim dan semua olahraga yang ada, PBSI Kutim pun selalu menyelenggarakan Kejurkab disetiap tahun. Tentunya atlet yang berprestasi selalu dilibatkan dalam setiap pertandingan. Kegiatan ini juga disponsori Bankaltimtara, PDAM Tirta Tuah Benua, dan KONI Kutim.

Untuk diketahui 165 peserta yang bertnding di Kejurkab Kutim terdiri darai :
36 peserta tunggal putera usia dini 10 tahun kebawah,
10 peserta tunggal puteri usia dini 10 tahun kebawah,
23 peserta tunggal putera anak-anak 11 sampai dengan 12 tahun,
7 peserta tunggal puteri anak-anak 11 sampai dengan 12 tahun,
19 peserta putera pemula 13 sampai dengan 14 tahun,
5 peserta puteri pemula 13 sampai dengan 14 tahun,
24 peserta tunggal putera remaja 15 sampai dengan 16 tahun,
11 peserta tunggal puteri remaja 15 sampai dengan 16 tahun,
11 peserta ganda putera pemula 13 sampai dengan 14,
13 peserta ganda putera remaja 15 sampai dengan 16,
6 peserta ganda puteri remaja 15 sampai dengan 16.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *