210 Orang Mendaftar Sebagai Pendonor Plasma Konvalesen yang Digelar Kodim Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat dalam penanganan covid-19, Kodim 0905/Balikpapan melaksanakan kegiatan Donor Plasma Konvalesen di Aula Makodim, Kamis (7/1) pagi.

Menurut Pangdam VI/Mulawarman Mayjend Heri Wiranto, kegiatan ini sangat luar biasa, yang mana pemerintah, Kodim 0905, Polres dan unsur wilayah menyelenggarakan kegiatan donor plasma konvalesen.

Donor plasma ini sebagai terapi bagi para penderita covid-19, tentu ini menjadi solusi di tengah pandemi covid yang cukup signifikan.

“Apalagi faktanya angka penambahan 3 bulan lalu di seluruh rasional hanya sekitar 5 ribu sekarang sudah mencapai 8 ribu, bahkan dunia sudah 85 juta terpapar. Kalau tidak segera mengambil langkah, ini bisa menjadi dampak yang luar biasa,” kata Heri Wiranto di depan awak media, Kamis (7/1).

Heri menganggap, masyarakat yang mendonor merupakan seorang pahlawan kemanusiaan, karena setetes darahnya mampu membantu menyembuhkan penderita covid-19.

“Mudah-mudahan yang mereka lakukan sebagai ibadah dan bermanfaat bagi semuanya,” ucap Heri.

Dirinya selalu mengajak seluruh masyarakat, untuk sama-sama membantu menyelesaikan permasalahan covid-19, salah satunya mengikuti donor plasma bagi yang pernah menderita covid-19 dan dinyatakan sembuh.

Foto bersama Pangdam VI Mulawarma Mayjend Heri Wiranto dengan Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa dan perwakilan dari Polresta Balikpapan.

Langkah ini dilakukan sembari menunggu vaksin yang sedang dalam proses. Dan untuk hari ini, donor plasma tercatat 210 orang yang mendaftar.

“Saya juga salut dengan Balikpapan, berkat kerjasama antar pemerintah, Dinas Kesehatan, Kodim dan Polres,” terangnya.

Tempat terpisah Wakil Ketua Satgas Covid kota Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa menambahkan, kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus covid, sehingga hari ini Kodim 0905/Bpp melaksanakan kegiatan donor plasma konvalesen yang dilaksanakan di aula Makodim.

BACA JUGA: Donor Plasma Menolong yang Sakit, Vaksin Melindungi yang Belum Sakit

“Jadi ini merupakan salah satu upaya untuk membantu treatment, karena memang kami mengenal 3T (testing, tracing dan treatment). Karena testing dan tracing sangat bagus sehingga perlu treatment-nya,” imbuh I Gusti Agung.

Paparnya, donor plasma ini diberikan pada warga yang masih dirawat di rumah sakit atau ICU untuk membantu meningkatkan antibodinya, makanya itu ia mengajak masyarakat dalam kegiatan ini.

“Apalagi mereka merupakan pahlawan kemanusiaan, mengingat donor plasma sangat berguna untuk membantu,” jelas Dandim 0905/Bpp.

Untuk diketahui, donor plasma konvalesen sudah dilakukan ke dua kalinya di Kodim 0905, dan saat ini partisipasi masyarakat sangat tinggi.

(Mys/riyan)

One thought on “210 Orang Mendaftar Sebagai Pendonor Plasma Konvalesen yang Digelar Kodim Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *